Day 1: Hamdalah Kita Berjumpa Lagi Dengannya


A'udzubillahiminasyaitanirojim. Bismillahirrahmannirahim. 
Assalammualaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Alloh yang mempertemukan kita kembali dengan Bulan Ramadhan di tahun ini, bulan yang penuh berkah, maghfiroh dan rahmat. Alloh membuka seluas-luasnya pintu ampunan-Nya, pintu rahmat-Nya bagi hamba-hambanya yang bertaqwa. Syukur kita panjatkan kepada-Nya, yang memberi kita sehat jasmani ruhani, hingga kita dapat melaksanakan ibadah dalam keadaan tenang, ringan, bahagia, dan terhindar dari rasa takut dan ancaman. Bila dilihat di belahan bumi lain, banyak umat Islam yang sibuk mengurus keamanan dunia sehingga tidak mampu fokus menjalankan ibadah puasa, ada sebagian lagi umat yang berjihad dengan nyawanya melawan kezaliman, desingan-desingan peluru dan gemuruh ledakan-ledakan ranjau yang tak kenal waktu dan keadaan. Ada lagi di sudut-sudut bumi ini yang terbaring lemah tak berdaya melawan penyakit yang mendera badannya. Ya Rabb...sekali lagi syukur kita panjatkan kepada-Nya atas nikmat yang menyertai kita...

Shalawat dan salam kita panjatkan kepada nabi tauladan kita, uswah kita Muhammad SAW, beliau yang telah memberi contoh bagi kita untuk beribadah. Beliau yang oleh Alloh dijamin masuk syurga-Nya, namun beliau tetap khusyuk menjalankan ibadah bulan Ramadhan baik siang maupun malam. Subhanallah.

Q.S Al Baqarah :183
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"

Jelas bagi kita aturan untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk apa kita berpuasa? Puasa sebagai wujud keimanan, ketaqwaan kita kepada Rabb Semesta Alam, sebagaimana umat terdahulu. Puasa di sini adalah puasa yang benar-benar ditujukan hanya kepada Alloh semata, bukan utuk niatan lain, misal biar dibilang saleh, biar dibilang alim, atau sekedar ikut-ikut teman, apalagi sekedar penggugur kewajiban. Tidak, samasekali bukan puasa yang seperti itu...

Alloh ingin menjadikan hamba-hamba-Nya yang beriman itu menjadi orang yang bertaqwa. Kemudian tentang bertaqwa...ngapain kita mengejar predikat sebagai hamba bertaqwa? Sebenarnya bagi orang yang benar-benar taqwa, predikat ini bukan orientasi lagi...tapi pendekatan diri kepada Rabbnya sudah merupakan kebutuhan tak terlepaskan dalam dirinya, dalam menjalankan segala aspek kehidupan. Dalam belajar, dalam menjemput rizki, dalam berumah tangga, dalam bermasyarakat, dalam memimpin, dalam bergaul, dalam mendidik, dalam jual-beli, dalam pinjam-meminjam barang, saat makan, bahkan dalam saat mencuci dan gosok gigi...semuanya.

So, setelah itu, apa janji Alloh bagi orang-orang yang bertaqwa?
Dalam Q.S At Thalaq 2-3, ada 3 point janji Alloh kepada mereka:
1. Alloh akan membukakan jalan keluar bagi semua permasalahan yang ada.
2. Alloh memberi rizki dari arah yang tak disangka-sangka dan tak diduga-duga.
3. Alloh akan cukupkan kebutuhan mereka.

Subhanalloh, keren banget nih Alloh kita ya? Dan, jangan khawatir tentang janji-Nya, karena Dia tidak pernah mengingkarinya. Artinya, Dia akan selalu dan pasti menepati janji. Dijamin. Hebat kan?


Happy Fasting buat semua yang menjalankan ibadah puasa....!!!!





Posting Lebih Baru Posting Lama

50 Responses to “Day 1: Hamdalah Kita Berjumpa Lagi Dengannya”

  1. Balasan
    1. makasih Mas Nazar...

      kulkasnya penuh ikan Mang, nggak jadi nyes, bau amis...saya ke gunung saja lah..semilir

      Hapus
  2. selamat menjalankan ibadah di bulan ramadhan mb,,,
    moga lancar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih ucapannya Kay...sama2 ya.

      Hapus
    2. semoga lancar juga puasa Mnak Maya.

      aamiin

      pak Ci: memang Pak Ci jubir saya yang paling baik

      Hapus
  3. alhamdulillah :) semoga lancar menjalankan ibabadah puasanya mbak :)

    BalasHapus
  4. alhamdulillah bisa bertemu dengan ramadhan lagi, selamat menunaikan ibadah puasa juga...

    BalasHapus
  5. fa bi ayyi'alaa irobbi kumaa tukadzibaan...
    keren sekali mbak khusna, jadi ada 3 jagoan penyebar semangat berlomba dalam kebaikan, atau kalau tidak mau di bilang ustadzah , hehe
    mbak uswah pinter banget, mbak indah muslimah banget, mbak khusna sholohah banget, toooooooop kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya sholihah lho ya, bukan yang lain

      Hapus
    2. dan Mas Agus, cowoooq banget

      Hapus
    3. kang zach...bapak bapak banget

      Hapus
    4. saya cuma berbagi, dari buku atau tausiyah yang saya dengar Pak Agus...

      Bapak-bapak di atas...top semua dah...

      Hapus
  6. ya saya sangat meyakininya. Allah pasti membuka jalan keluar sesulit apapun problema kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau problemanya Nicki Astria gimana kang?

      Hapus
    2. janji Alloh selalu benar pak...semangat. btw, kenapa blog Pak Zach sekarang nggak bisa dikomen-i Pak?

      Pak Ci: Nicky Astria problemanya selalu nggak jauh-jauh dari motor Pak...eh Astrea ya?

      Hapus
    3. Super banget kie komentare kang Zach. Kayaknya blog-nya kang Zach lagi dibersihkan, banyak kecoa-nya, jadi sementara mungkin gak nerima tamu dulu .. he he

      Hapus
    4. lagi pengin jadi penyerang aja. hehe

      Hapus
    5. penjaga gawangnya siapa mas

      Hapus
    6. gawang Pak Zach udah ditembok pakai beton, nggak bisa diserang balik

      Hapus
    7. kalau problemnya astria pasti kalau gak karburatornya ya akinya yang mati, itu saja

      Hapus
  7. Amin Ya Allah.., amin ya Rahman... Amin ya Rahim.. Selamat menunaikan ibadah puasa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa KK dipanggil juragan ya...harusnya JURIGIN..atuh, kan ibu2

      Hapus
    2. Selamat menunaikan ibadah puasa juga

      Hapus
    3. aamiin Bang Cik Awi.

      Tak apa saya dipanggil juragan atau jurigin...asal jangan jurigen...buat nampung pertamax...beuh

      Hapus
  8. saya lagi ngejar dan berusaha agar Allah memberikan janji itu kesaya dan keluarga...

    BalasHapus
  9. perasaan udah pasang banner KPK...ko' ngilang ya?..dihapus ya m'ba?..kenapa dihapus...kenapa coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya sama rumput yang bergoyang ..

      Hapus
    2. Pak Ci nendang banget, memancing saya beneran deh...saya belum pasang banner Pak, maaf, belum bisa, musti belajar dulu dan belum sempat belajar.....maaf bener

      Hapus
    3. kok saya tidak di omelin? saya juga belum pasang e kang?
      lha gak iso masange je, menek e lho dukur kang,
      siapa yang mau pasang spanduk coba, kalau harus manjat pohon begitu tingginya.

      Hapus
  10. Sejuk baca postingan ini, jadi makin semangat puasanya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sempat lapar banget tadi

      Hapus
    2. semangat semangat!!!
      padahal saya nggak posting makanan lho Pak Zach...

      Hapus
  11. Wassalammualaykum warahmatullahi wabarakatuh



    nambahin yang kurang dibawah itu....hi..hi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam wrwb.

      puasa ora rika Kang? tambah mblending bae wetenge kuweh! bada reuni nang warunge Emprit, bisa teka ora Kang?

      Hapus
    2. oh iya, makasih tambahannya Lik Pacul
      *mengharap angpao...oleh-oleh dari Kroya...mudik ndak nanti?

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya