Day 19: Shalat Dzuhur di Masjid Raya Pangkalan Kerinci


Sabtu Minggu kemarin suami off penuh, maksudnya off dari pagi sampai sore selama dua hari nggak ke pabrik. Setiap dua pekan sekali, salah satu Sabtunya diisi dengan ngantor setengah hari, untuk memenuhi kekurangan jam kerja sebagai karyawan tipe general (reguler kalau istilah umumnya). Sebenarnya nggak kurang-kurang jam kerja Mas Berkah, wong entah tengah malam, pagi buta, dini hari juga masuk ke pabrik, tapi di luar jam kerja, kan dihitung lembur, sedang jam kerja utamanya 173 jam dalam sebulan.

Suasana komplek yang sudah mulai nyenyet, anak-anak dan ibu-ibu sudah pada mudik, tinggal para bapaknya saja yang masih sibuk mabrik hingga tiba masa cuti mereka nanti mendekati Idul Fitri. Kashan melihat mereka ya...kerja keras banting tulang, tanpa anak istri di rumah, sahur masak sendiri, buka puasa jajan---duuh nggak tega andai suami saja juga kayak gitu. Di rumah saja, bosan juga...kebetulan beberapa hari yang lalu istri Om Iwan--teman ayah e baru saja melahirkan putra pertama kembar, nah kami berencana ke swalayan untuk beli kado.

Berangkat agak siang, setelah nyuapi Zaki karena pagi cuaca agak gerimis. Kami ke Ramayana, sekalian nyari diskonan barang.

Sampai Ramayana, terkejut saya...berjubel pembeli, aduuuuh kayak ikan asin dikukus...bener, mau melangkahkan kaki saja payahnya minta ampun, apalagi di counter busana, alamak...

satu-satunya tempat agak sepi, di penitipan barang

Bergegas kami langsung ke counter perlengkapan bayi, dua buah handuk lucu saya ambil, juga dua buah baju mungil saya masukkan keranjang...kemudian kami keliling ke perlengkapan rumah tangga...lihat-lihat harga buah-buahan--ah sama dengan di Mandiri Swalayan, malah lebih fresh di sana--nggak jadi beli, kemudian kami melihat tulisan besar mencolok--minyak goreng merk terkenal, harga per dualiter 17 ribuan, nah itu dia...saya ambil satu pouch--satu saja, banyak-banyak malah kelamaan habisnya. Kembali berkeliling, mau beli beras, beras di rumah tingal beberapa cup saja--eh la dalah, satu kantong beras kemasan 10 kg dipatok harga Rp 155.800,- huh mahal amat, mending beli beras di kedai, dengan merk yang sama perkantong cuma Rp 117.000.

Dengan barang cuma sekian buah, kemi ke kasir...naudzubillah...antrinyaaaaa...setengah jam lebih kami antri...hanya untuk 5 buah barang belanjaan, nggak sebanding memang, tapi saya memang nggak ada rencana beli baju di sana, Zaki sudah punya beberapa pasang baju lebaran dikirim sama Embahnya di Jogja, saya dan sang ayah--baju lebaran nggak harus baru, yang penting masih layak pakai, bersih dan rapi, itu saja.

Keluar dari Ramayana, tengok hp, sudah jam 13.20, kami nyari masjid untuk shalat dzuhur--masjid terdekat dari Ramayana ya Masjid Raya Al Muttaqin Pangkalan Kerinci, masjid yang persis di tepi jalan Lintas Timur Sumatra yang membelah kota kecamatan.

view masjid dari tepi jalan

teras masjid--banyak orang istirahat di sana

ayah sehabis shalat




Happy Fasting !!! Semangat !!!




Posting Lebih Baru Posting Lama

58 Responses to “Day 19: Shalat Dzuhur di Masjid Raya Pangkalan Kerinci”

  1. koq panas banget ya Mbak di sekitar mesjid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin kulkas atuh mesjidnya pengenadem mah....;o)

      Hapus
    2. karena jarang pohonnya sih

      Hapus
    3. memang, di sekitar masjid blas nggak ada penghijauan sama sekali, entah apa maksudnya, mungkin saat Idul Fitri saking banyaknya jamaah, shalat sampai halaman...jadi sengaja dibegitukan

      Hapus
    4. yang panas itu hatinya karena belum dapat THR :)

      Hapus
    5. Kalo adem, ntar pada solat diluar mas hehe..

      Hapus
    6. wah thr lagi thr lagi, mending jaga parkir masjid aaja mas

      Hapus
  2. tapi di dalam kayaknya sejuk banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ada kipas angin dan teduh

      Hapus
    2. bener lho, asli sejuk. kemarin sempat rasan-rasan..."lha kok adem men to Yah, padahal ra eneng kipas angine..."

      Hapus
    3. Dalam kubahnya lebih adem lagi :)

      Hapus
    4. Tempat yang paling adem ya masjid walau ga ada AC mas

      Hapus
    5. adem dalam arti khusus

      Hapus
    6. adem jasmani dan rohani yah mas :)

      Hapus
  3. kalo suami difoto kayak gitu sama isterinya, apa nggak GR to Mbak? tuh liat gaya berjalannya jadi kayak di atas ketwok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhatian kita sama pas liat poto ayahnya zaki, kliatan banget groginya(dalam hatinya udah tau...poto ini bakal di aplud ke blog)...grogi tingkat dewa deh tuh.

      Hapus
    2. itu sudah seleksi beberapa kali dan harus ngulang foto beberapa kali

      Hapus
    3. hahaha, tau saja Bapak-Bapak nih...nggak kok, sekali jepret langsung jadi...

      Hapus
    4. soalnya batereinya udah low mas jadi sekali jepret langsung habis hehe...

      Hapus
  4. saatnya mall rame, masjidnya bagus, luarnya nampak lapang

    BalasHapus
    Balasan
    1. parkir kang parkir, mayan buat beli beras

      Hapus
    2. tak cuma luarnya Pak Crew, tapi dalamnya juga luas kok...luas amat malah

      Hapus
    3. berarti jamaah nya sepi dong

      Hapus
  5. tapi kayanya lebih banyak yang ridur ya daripada yang sholat, xixixi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya yang tidur, salah ketik tadi. :)

      Hapus
    2. shalatnya di dalam Mas. Yang luar itu teras, maklum cuaca Riau panas bukan kepalang, jadi mereka yang puasa mampir rehat sebentar

      Hapus
  6. abis berjubeljubelan desek desekan nyari keperluan lebaran, gituh liat mesjid hati rasanya langsung nyesss...udah kebayang pasti bakal makjleb kalau ada dan berlama-lama didalem mesjid megah itu...apalagi jambi mah puanas buanget kan...
    mo tanya. kalau siang menjelang sore, mukanya suka dicet putih kaya orang pribumi ngga KK...katanya supaya wajahnya ngga retak2.....suka ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "wajah retak-retah"-nya itu lho.

      Hapus
    2. jambi sudah 3 tahun lalu Pak Ci, ini sekarang saya sudah di Riau.
      Ngomongin soal bedak dingin, iya, tetangga-tetangga saya dulu banyak yang pakai "cat putih" itu...katanya fungsinya untuk menghaluskan, mengencangkan wajah dan membuat tampak cerah...tapi ada satu lagi kebiasaan uniknya, yaitu para mamak (ibu) suka ngrokok...

      Hapus
    3. Riau kang Riau......kalo yang di jambi kan si Ria

      Hapus
    4. ah elaaa...cuman beda berapa centi doang..coba liat di google maps milik cilembu mah...tuh liat azh gih!!
      hehehee...udah salah..kenceng pula...hadeuh...
      pulang ah

      Hapus
  7. uh...masjidnya keren banget mbak, adem banget kliatannya.
    pingin sholat disana nih kek nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wes apal mbak mbak.........

      Hapus
    2. semoga Mbak Ind, siapa tau nanti suami panjenengan priyayi Bumi Lancang Kuning...

      apal, kayak belajar sejarah saja Pak...

      Hapus
  8. Kenapa tiak borong atu...sayangkan antri lamanya :)
    Masjidnya megah dan bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak banyak keperluan kami Mas, untuk kue-kue lebaran, ikin sendiri lebih higienis...mau belanja apa lagi to Mas...

      Hapus
    2. mumpung lagi ada diskon lo !

      Hapus
    3. aku dibikinin sekalian ya mbak..

      Hapus
  9. ternyata penyakitnya orang sama ya mbak, berjubel di mall saat menjelang 10 hari terakhir ramadhan. atau maleman.
    wah mas berkah lagi nggepuk mbak lemburane banyak, tentunya mbak khusna dapat jatah buat rekreasi lagi nih, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hamdalah, insha Alloh rejekinya berkah, semoga Pak Agus dan keluarga juga demikian...aamiin.

      kata teman kita, euforia lebaran to Pak. ya memang gitu keadaannya.

      Hapus
  10. Bisa Ngabuburit sini dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo Kak Etika, ngabuburit bareng...nungguin kolak dingin...ini masih panas habis turun dari kompor

      Hapus
  11. Ketika lagi mumet lever berapapun, ketika masuk medjid, langsung pyaaaarrrr...damaai langsung menyeruak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. damai dan tentram tentunya Kang Rudy

      Hapus
  12. Alhamdulillaah, bisa sholat di Masjid ya Mbak, meskipun sekarang kuantitas mall lebih banyak daripada di masjid, palagi mendekati hari lebaran seperti ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Pak Boku, untungnya di Pangkalan Kerinci mallnya cuma satu doang, tapi toko-toko kecilnya banyakkkk banget---sama saja ya?

      Hapus
  13. Jadi iri nih yang belanjain THR nya...
    Ternyata sama saja ya, kalau lagi bulan ramadhan pada istirahat atau tiduran dimasjid,

    BalasHapus
  14. yang lagi dapat THR langsung belanja ya mbak...mumpung banyak discount nich..

    BalasHapus
  15. wah di Mall ramai ya... mungkin itu penyebabnya banyak discount 50 - 100% hebat ya... apa udah pada dapet THR kali ya

    BalasHapus
  16. kok mahal ya beras di sana?.... kalau gitu beli berasnya kesaya saja mbak, dapet discount 50% via online juga bisa, dengan catatan ongkos pengiriman ditanggung pembeli heheheh

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya