Day 2: Hikmah Puasa

Bismillahirahmannirahim...

Sudah selayaknya kaum muslim berbahagia menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, karena banyak sekali hikmah dan manfaat di dalamnya. Manfaat baik di dunia maupun di akhirat.
Jika ditilik dari perintah berpuasa di Q.S Al Baqarah:183 dalam edisi sebelumnya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

Alloh sengaja menggunakan kata sapaan yang sungguh lembut dan romantis sekalian menyanjung kita, "Hai orang-orang yang beriman..."

Apa tujuan Rabb kita menggunakan bahasa yang seromantis itu? Sudah kodratnya manusia, bila disanjung, bila diromantisi, misal suami memanggil istri dengan kata " wahai sayangku..." tentu istri akan merasa sangat bahagia dan rela melakukan apapun untuk suami tercintanya, rela penuh ikhlash. Sama juga bila Rabb kita yang memanggil, "Hai orang-orang yang beriman..." supaya kaum muslim melaksanakan perintah-Nya dengan penuh rasa ridho, ikhlas, happy... tanpa merasa dipaksa apalagi diancam.

Tuh, kurang baik apa coba Alloh?
Selain itu, janji Alloh bagi orang yang bertaqwa adalah syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, sebagaiman disebutkan dalam Al Qur'an.

Q.S Ali Imron: 130
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabb-mu dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya, dan memaafkan (kesalahan) orang, Alloh menyukai orang-orang yang berbuat baik. Dan (juga) orang yang apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Alloh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Alloh. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya adalah ampunan dari Rabb mereka dan syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang yang beramal".

Nah, kalau sudah mengerti faedah akhiratnya, so tunggu apa lagi. Ayo kita bulatkan azzam kita, teguhkan hati kita, gelorakan semangat kita dalam menjalankan puasa ini. Tapi eit, tak cuma sampai situ barokah yang diberikan Alloh, masih ada 8 kejuatan lain bagi hamba-hamba yang menjalankan puasa yang sesungguhnya. Apa itu? Let's check it out...

*Puasa menggerakkan rasa "takut" kita kepada Alloh.
Bila sudah ada rasa takut tertanam dalam hati, merasa kita diawasi terus menerus oleh-Nya, pasti deh, kita akan berfikir hingga ratusan bahkan ribuan kali bila ingin melakukan perbuatan keji, misal mencuri sendal saat tarawih...(xixixi...)

*Puasa menghancurkan tajamnya nafsu atau syahwat akan dunia. Sebut saja nafsu untuk bergunjing atau gossip, yang nikmatnya tiada tara (aduh...payahnya saya) bila ada orang lain turut menimpali saat kita bergosip ria, atau nafsu makan dan minum dan nafsu-nafsu lain yang jumlahnya makin hari makin banyak yang menggoda hati...(kayak nafsu pengen gadget, kalau nggak dituruti trus ngambek ke suami...iiiihhh)

*Puasa melunakkan hati kita, hingga timbul rasa sayang kita kepada sesama dan ending-nya...silaturahmi makin terjaga...

*Puasa menjadikan keteraturan dalam hidup kita, misalnya waktu sahur, berbuka, shalat tarawih...mengajari kita untuk tertib dalam melakukan sesuatu. Nggak ada kan, orang sahur saat matahari sudah terang benderang?

*Puasa membuat manusia merasa setara diantara semuanya, siapapun itu. Baik nelayan, pemulung, bupati, gubernur bahkan presiden...mereka sama-sama nggak makan nggak minum dalam waktu tertentu...dan mengakhirinya dalam waktu yang bersamaan, yaitu bedug maghrib. Yang membedakan hanyalah tingkatan taqwa kepada Alloh semata.

*Puasa menghancurkan sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh.
Fungsinya untuk detoksifikasi, jelas baik untuk kesehatan.

*Puasa membersihkan jiwa kita dari pikiran kotor.

*Puasa membentuk manusia baru.
Insha Alloh kelak bila Ramadhan telah usai, harapannya ketaqwaan tidak akan berubah dan kembali ke keadaan semula (sebelum puasa) hingga kita tidak termasuk orang yang merugi.

Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan dengan:
*Membulatkan azzam, niat dan tekad menjalankan puasa dengan sepenuh hati
*Jangan sia-siakan kesempatan yang sebulan ini
*Buatlah target tertentu, misal hafalan Quran
*Memperbanyak sedekah

Tapi, ingat akan ayat Qur'an yang satu ini:

Q.S Al Qasas: 77
"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Alloh kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuatbaiklah (kepada orang lain), dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan".

Jangan berlebih-lebihan dalam beribadah dan mengejar akhirat, karena kebahagiaan duniawi juga perlu.


Happy fasting buat yang menjalankan ibadah puasa....!!!!!



Posting Lebih Baru Posting Lama

63 Responses to “Day 2: Hikmah Puasa”

  1. Balasan
    1. silakan Mang, saya jalan kaki saja Mang, jadi nggak perlu pertamax...hehehe

      Hapus
    2. saya entah keberapa
      yang penting menyapa
      selamat berpuasa
      untuk hari ke dua

      Hapus
    3. wah wah wah banyak yang jalan jalan sehabis jamaah subuh nih, bagus kalau begitu dari pada tidur, hehehe
      jangan kayak saya malah tidur, hehehe

      Hapus
    4. hehehehe...hobi saya tuh mas

      Hapus
    5. kalau selesai shalat subuh tidur malah puyeng mas, bangunya kebablasan siang lagi

      Hapus
  2. betul skali mbak, puasa memang banyak hikmahnya, selain dapat pahala, dapat menyembuhkan segala penyakit... penyakit lahir dan bathin..

    selamat menunaikan ibdah puasa Ramadhan

    BalasHapus
  3. dengan adanya puasa Ramadhan.. silaturahim makin terjaga, betul tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh lambat nih berangkat kerja.... ahahah

      Hapus
    2. termasuk silaturahmi di dunia maya kan Mang? hati-hati di jalan Mang, semoga keberkahan untuk kerja Mamang hari ini...

      Hapus
    3. tangkapan ikan kali ini lumayan ya mas

      Hapus
  4. kita sebenarnya harus takut atau sayang sama Allah sih Mbak?
    saya koq berfikir ya, pilihan kata "takut" yang kita kenal selama ini agak salah kaprah. iya nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya yang takut bukan terus kita ngeri sama Alloh Pak...tapi merasa Alloh selalu berada di dekat kita, sehingga bila ingin melakukan sesuatu yang tercela, kita sadar diri dan menjauhinya...

      apa ya padanan katanya, tapi yang jelas bukan takut yang membuat diri kita tertekan, ngeri, depresi atau apa gitu...

      maaf bahasa saya kurang mengena...nanti saya koreksi.

      Hapus
    2. mungkin kata takutnya perlu diganti "takut" biar nggak salah kaprah ya Pak Zach?

      Hapus
    3. takut druhaka, takut salah, takut tidak ingat, takut di jauhi, dan takut yang lainnya. itu kan tanda sayang tho yoooo

      Hapus
    4. sayang kepada Allah kemudian kita istigfar agar selalu dekat, itu juga sama takut jauh dengan Allah,
      piye jal?

      Hapus
    5. tangkapan ikan hari ini gede gede mas

      Hapus
    6. jempol dah... bakar ikan nih sore

      Hapus
    7. takut karena allah ^_^

      Hapus
  5. hari ini hari ke dua
    hari ke dua berpuasa
    selamat berpuasa
    semoga dapat pahala ganda

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Mbak Anis
      kedatangannya membuat suasana makin manis
      walau tak tampak hujan gerimis
      yang penting senyum, hingga tampak gigi berbaris....
      (mekso banget ya)

      Hapus
    2. ekonomis, praktis, isis dan gelis

      Hapus
    3. teh manis .. teh manis... buat persiapan 2 jam lagi heheh

      Hapus
  6. Pada kuat gak nih puasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insha ALLOH kuat semuanya...

      Mas Nazar, kalau nggak kuat, istirahat sini lho di gubug saya...semilir

      Hapus
    2. sambil gelar spanduk, kardus e kudanan

      Hapus
  7. hayooo kita uji nyali mengendalikan nafsu,
    orang orang yang bekerja di lapangan dengan menghadapi orang banyak godaan nafsunya besar, potensi pahala dan dosa nya juga besar, tinggal mampu apa tidak mengendalikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... pas mamang nih lagi dilapangan mas... mudah - mudahan mampu dah harus mampu... insya Allah pasti mampu

      Hapus
  8. insya allah dengan berpuasa dapat mengurangi kejahatan , dan sifat buruk ya

    BalasHapus
  9. Selain penuh hikmah di bulan ramadhan juga penuh dengan berkah karena setiap amalan yg kita lakukan di lipat gandakan oleh Allah

    BalasHapus
  10. Manfaat itu untuk yang puasanya sungguh2 ya ....
    Ayo semangat ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari ini saya bakalan buka sama klepon.
      kayaknya.

      Hapus
    2. cemunguut....cumungguut...eaaaaaa, hidup klepon

      Hapus
    3. nggak jadi, hujan, nggak kebeli. hmmmm..
      grrrr...

      Hapus
    4. disini malah dijalan banjir mas... hujan gede

      Hapus
  11. selamat menjalankan ibadah puasa jeng..

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. pirang kilo Pak? sinih tak ewangi njunjung...hehehe

      Hapus
    2. ga tau, bu...
      lha ngilonya pake cermin sih..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya