Day 3: Memakmurkan Masjid

Bismillahirahmannirahim


Q.S At Taubah:18

"Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Alloh ialah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat serta tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Alloh, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk".

Sudah menjadi hal yang sangat lazim di awal bulan Ramadhan masjid menjadi begitu penuh sesak oleh jamaah, bahkan tak jarang mbleber hingga teras-terasnya. Tapi mendekati akhir Ramadhan, shaf menjadi semakin maju, maju dan maju...shaf tinggal beberapa baris saja.

Pada zaman Rasulullah, masjid menjadi sentra kegiatan ummat, selain fungsi utama untuk beribadah, masjid juga dijadikan wadah untuk memelihara kesejahteraan ummat. Masjid Quba adalah institusi pertama yang dibangun beliau kala hijrah ke kota Madinah. Di sana, Rasulullah melakukan da'wah, berdiskusi, konsultasi, pendidikan, menyusun strategi perang, bahkan mendamaikan orang yang bertikai. Artinya, keberadaan masjid benar-benar berfungsi optimal kala itu.

Nah, bulan Ramadhan ini momentum yang sangat tepat untuk kembali membangun dan memakmurkan masjid-masjid di lingkungan kita. Selain sebagai rumah bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Alloh, juga sebagai wadah membangun ukhuwah ummat.


Semangat semangat semangat.
Happy fasting bagi yang menjalankan ibadah puasa!!!!






Posting Lebih Baru Posting Lama

46 Responses to “Day 3: Memakmurkan Masjid”

  1. masjid juga sebagai sarana merancang strategi perang.
    memakmurkan masjid itu dengan mendatangi dan sholat berjamaah terus ngisi kotak amal, tapi jangan nyolong sandal . kalau bisa ya nyimak dan baca Al Quran, kalau malam ganjil bisa taqorrub di masjid sampai sahur. apalagi ya
    ditambahi aaja deh di bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Khusna, judul woy, juduul digantiii

      Hapus
    2. nah nih Pak Agus yang sudah melengkapi...tadi nulisnya sambil ngampet je Pak...hari ini kurang enak badan, tadi teks yang seharusnya panjang banget saya singkat jadi 4 alinea

      Pak Zach: maaf...nah tuh Pak sudah saya ganti

      Hapus
    3. bwahahaaa....sudah pinter ng'les juga KK ini ah

      sudah sih emang sudah...tapi linknya masih noh...liat keatas gih!!

      Hapus
  2. judule di ganti dooooooooooooooooooooooooooooong

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin salah ketik pak ....

      Hapus
    2. bukan mungkin, itu pasti, hehe

      Hapus
    3. mungkin juga sengaja ngetes yang baca, sambil tidur gak bacanya

      Hapus
    4. pengumuman pengumuman...sudah saya ganti....

      Hapus
    5. Tuh mang sudah diumumkan pake toa mesjid, kalau tulisannya sudah diganti ... he he he

      Hapus
    6. ganti gimana sih?
      ruang gantine dimana..?

      Hapus
    7. saya ikut kang rawins ah...yu kita cari ruang gantine yu...!!

      ...soklah akang duluan, biar saya yang ngintipnya

      Hapus
  3. memakmurkan masjid merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim, judulnya salah ketik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya, mungkin salah ketik

      Hapus
    2. tulung di-tip-X na kae kang Zach, mbak Khusna ketone mau ngeterna Zaki dolan2

      Hapus
    3. kudu Mbak...selagi masih dikaruniai usia...ayo semangat memakmurkan masjid...!!!!

      tip X e wis garing je Pak...

      Hapus
    4. komennya nanti di lanjut ah... berangkat

      Hapus
  4. Balasan
    1. kesalahn bukan pada cara baca anda tp salah ketik...heheeee

      Hapus
    2. wahh, Mbak Iis online bareng sama saya. Pas mau ke mesjid nih..

      Hapus
    3. AAA itu jenis baterai ya mbak ... he he

      Hapus
    4. pake a..?
      manyabarkan masjad dang..?

      Hapus
    5. kok manyabarkan sih..?
      mamakmarkan ding...

      Hapus
  5. anak saya yang kedua, bisa membawa temen2nya aktif shalat di masjid. bahkan saya aja rajin ke mesjid karena anak saya itu je.
    viva masjid!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah baca postingan mas zach tentang agree gak boleh di shaf depan masjid sama bapak bapakk, padahal bapak tadi jarang ke masjid, tapi sikap mas zach bijaksana tidak emosi malah ngajak lomba bapak tadi, berarti agree pemain serba bisa ya mas

      Hapus
    2. saya juga pernah baca postingan Pak Zach tentang Agree....hebat Agree!!!!

      Hapus
    3. nunut lik zach aja dah
      jurnale abot ga kuat nyanggane kalo kudu komen

      Hapus
  6. Mudah-mudahan tidak hanya pada bulan Ramadhan kita memakmurkan masjid, tapi diteruskan setelah Ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. insha ALLOH. Ramadhan ini dimulai dan dipelihara sampai nanti nanti....kalau masjid e regeng, rasanya juga semangat ngaji dll....

      Hapus
    2. Di tempat saya, masjid masih bentuk setengah rumah. Wakafnya saja belum selesai, tapi Alhamdulillah setelah berjalan 2 tahun, segera akan mulai dibangun. Mohon doanya.

      Hapus
    3. aaaaaamiiiin...kami berdo'a untuk percepatan pembangunan mesjidnya kang.
      Cilembu mesjidnya baru loh

      Hapus
    4. Amiin, makasih doanya kang Ci, rencana begitu surat2 mulai proses di BPN mau segera dibangun. Sekarang lagi cari tanda tangan ahli waris, banyak yang di luar kota

      Hapus
  7. Dulu masjid rasullulah sederhana sekali ..tetapi kenapa sekarang berlomba2 membangun kemewahan masjid sementara disekitarnya banyak yang tidak mampu memambangun tempat tinggal...tanya kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mentang-mentang nggak ada mesjid di situ apa ya?
      dasar mentang-mentang.

      Hapus
    2. kan penampilan itu perlu
      *walopun ngebangunnya minta minta di jalan...

      Hapus
    3. terusnya saya mau ngapain coba?

      Hapus
    4. Kang Rawins...bener banyak mesjid sekarang dibangun dari hasil nodong..

      Hapus
  8. di G+, judulnya belum "Memakmurkan masjid" deh...tuh liat link nya....!!
    judul yang aneh dan sangat berani...bwahahahaaa

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya