Day 4:Percakapan Sebelum Tidur


Sambil menunggu ayah pulang dari shalat tarawih, saya yang lagi kurang enak badan berbaring di kamar berdua dengan Zaki. Seperti biasa, sebelum tidur, pasti dan selalu ada dongeng...bila tak ada halangan tentunya. Tapi malam tadi bunda serasa lelah sekali, nggak mau mendongeng. Akhirnya ngobrol saja berdua. Tak ada buku, tak ada senter. Biasanya kami mendongeng sambil membawa buku cerita atau buku bergambar full color, atau mendongeng sambil main bayang-bayang tangan pakai senter di kamar yang lampunya dimatikan, dibikin gelap.

Tiba-tiba Zaki bertanya.
"Nda, ayah kok sholat di masjid, bunda kok enggak?"
"Bunda lagi pening Nak, belum bisa ke masjid, bunda sholat di rumah saja."
"Memang Alloh di mana sih, di masjid atau di rumah?"
"Alloh itu tinggalnya di atas Arsy sana, jauh di atas sana."
"Kok jauh, Alloh nggak lihat Zaki dong?"
"O tidak, Alloh melihat Zaki, melihat bunda, melihat ayah, bahkan melihat semut yang lagi di dalam tanah."
"Kok bisa?"
"Itulah hebatnya Alloh, Dia pintar dan super duper tau tentang kita."
"Harusnya Alloh di sini saja, nggak usah jauh-jauh."
"Alloh dekat Nak, cuma tinggalnya saja yang di atas Arsy."
"Lebih tinggi dari bulan ya Nda?"
(Kemudian percakapan berubah kacau karena anak saya ingat pertanyaan tempo dulu, kenapa bulan jalannya mengikuti kita, dan saya kembali belum bisa menjawabnya)

"Hayo, Bunda nggak boleh lewat!" katanya ketika nggojegi saya

Mengingat ulang pertanyaan anak saya, membuat saya sadar, betapa kecilnya kita di jagad raya ini. Kita bagaikan sebuah debu yang terbang di padang pasir yang luas. Sama sekali takberarti bila dibandingkan dengan karunia Alloh yang sangat banyak, tak terhingga. Namun karena kebaikan Alloh, kita diciptakan dengan akal fikiran, sehingga Dia menyebut bahwa manusia adalah khalifah di bumi.

Sungguh hebatnya penciptaan manusia, yang berasal dari satu sel sperma yang terseleksi dari ratusan juta sel sperma lain, yang membuktikan bahwa calon manusia ini sudah terseleksi yang terbaik dari yang baik sebelumnya. Hingga sel sperma tersebut bertemu dengan sel telur dan terjadilah segumpal darah, berkembang berkembang hingga menjadi janin.

Q.S Al Mukminun 12-14:

"Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami menjadikannya makhkuk yang (berbentuk) lain. Maha suci Alloh pencipta yang paling baik."

Terbukti kita adalah makhluk terbaik yang diciptakan oleh Dzat yang Maha Mencipta. Bolehkah bila kita menyianyiakan buah karya Alloh itu? Tentu tidak, jawab saya. Seburuk apapun di mata orang lain, diri kita adalah hasil karya terbaik yang telah Alloh ciptakan di muka bumi. Sudah sepantasnya apabila mensyukuri segala kebaikan Dia untuk kita, kecintaan Dia kepada kita, dan Maha Pedulinya Dia kepada kita. Bagaimana caranya?
Ada banyak wujud syukur kita kepada Rabb Pencipta Segalanya, baik berupa lisan berupa ucapan hamdalah, maupun perbuatan semisal bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, bersungguh-sungguh dalam bekerja, menjaga amanah, berbakti kepada ibu bapak, bersedekah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, menjaga ukhuwah, dan masih banyak lagi.

Bismillah, semoga Ramadhan kali ini menjadi awal pembangkit semangat, bila ada sebagian kawan yang kendur semangatnya, ayo semangat, berlomba-lomba dalam kebaikan, berlomba-lomba mendapatkan berkah-Nya...dan...syukuri semua nikmat-Nya. Semangat!!!


Happy fasting bagi yang menjalankan ibadah puasa...!!!!






Posting Lebih Baru Posting Lama

50 Responses to “Day 4:Percakapan Sebelum Tidur”

  1. tadi sudah tidur sebentar...terbangun...dan nulis...padahal masih pening gini...mau tidur lagi ah...selamat malam semuanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ndadak pake laporan barang
      medingan tidur lagi
      ben yang pening jadi bening tar

      Hapus
    2. hahaha.... ngeles aja nih bunda.

      Hapus
    3. pertamax di caplok ndiri hihi

      Hapus
    4. semoga cepet sembuh ya Mbaak, syafakallaah

      Hapus
  2. tinggal dijawab, bulan memang jauh dan suka kemana mana. tapi tiap bulan nyamperin bunda...
    *sampluk njengking

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulan datang... datang bulan?

      Hapus
    2. raw ini pasti deh jadi perusuh dimana2..
      tendang aja mbak..:))

      Hapus
    3. mas rawins emank suka rusuh mbak, hahahah

      Hapus
    4. saya selalu hadir kalau ada yang njengking njengking gini.
      Yang mulai mas rawin lho mbak,hehe

      Hapus
    5. sampluk itu sejenis makanan, njengking itu kalajengking. jadi sampluk njengking adalah makanan yang terbuat dari kalajengking. jelas ini makanan khas Kang Rawins.

      Hapus
    6. kalo tidak mau dirusuhin
      pasang dong plang didepan pintu
      perusuh ganteng dilarang masuk...

      Hapus
    7. wkwkwk, mulai deh narsis nya

      Hapus
    8. daripada nantinya bikin bete trus bunuh diri
      haha

      Hapus
    9. adminnya pura2 ngga liat ada perusuh masuk sinih...dia langsung bikin artikel yang baru....hehehe

      Hapus
  3. inilah sebabnya kenapa sy berat sering2 jauh dari anak, anak2 itu punya masa emas, kritis, selalu ingin bertanya, anak pertama syyg berusia 4 tahun juga sering bertanya yg gak pernah sy pikirkan sebelumnya. anak2 itu hidup dg imajinasinya sendiri2, makanya perlu penjelasan yg logis, yg membuat mereka puas dg jawaban orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya setuju banget ....*sambil manggut2

      Hapus
    2. siiip setuju... kalau mamang ndak bisa jauh dan berat jauh dari mamahnya anak - anak hehehe. ... takut kekurangan resiko dapur, dan yang lain karena berkaitan dengan anak juga kan...

      Hapus
  4. makan obat mb khus,,,,moga cpat smbuh,,,

    mari kita tingkatkan amal kita

    BalasHapus
  5. Wah Zaki kayaknya kompak banget sama bundanya, kreatif juga ..
    baca surat Q.S Al Mukminun 12-14 yang ditulis di artikel, ingat pernah baca ada ahli geologi dari Amerika yang meneliti kandungan dari lumpur hitam, ternyata mengandung sel-sel hidup pada manusia. Karena temuannya sesuai dengan Al Qur'an, akhirnya dia jadi mualaf

    BalasHapus
  6. semoga cepet sembuh ya bun..... jawaban untuk dedek Zaki nya nanti aja ya nunggu waktu yang tepat....

    Kalau bulan bisa ngomong .....oh yeah?
    Sayang bulan tak bisa ngomong..... Coba kalau bisa ngomong.....Dia pasti tak akan bohong.... serrr... tarik mang

    BalasHapus
    Balasan
    1. adiknya doel sumbang sedang bicara

      Hapus
    2. pas dengan suara peluit mang .. he he he

      Hapus
  7. cepet sembuh ya mbak..:)
    happy fasting juga..

    BalasHapus
  8. Dongeng mbak? kebiasaan yang bagus, bagus untuk kepribadian anak nantinya. Sekarang sudah jarang ada orang tua yang mau membacakan dongeng sebelum tidur buat anak mereka....

    BalasHapus
  9. nggak perlu dijawab dulu Mbak saat kita blocking begitu. saat itulah kita harus melipir untuk menjawab pertanyaan yang dia tidak tanyakan. dan dia akan lupa pertanyaan sebelumnya. dan kredibilitas kita tetap terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siasat yang cerdik Kang, saya juga pernah seperti itu...:)

      Hapus
    2. Otak kancil ya mas Boku ...

      Hapus
  10. Ayo semangat semuanya..., aku bantu menyerukan semangatnya Mbak Khusna kepada teman2 lainnya ya Mbak, Dik zaki kelihatannya aktif dan rasa keingin tahuannya tinggi ya Mbak, o,iya semoga cepat sembuh, dan Happy Fasting juga..

    BalasHapus
  11. Sayah pernah terkecoh ketika anak sayah menanyakan bintang. Udah sayah jawab secara panjang kali lebar. Ternyata salah....
    anak sayah cuma nanya sayah tahu Bintang temannya di sekolah apa enggak..

    semm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha....anak-anak di luar dugaan ya Lik. Apalagi dikerubuti si kembar, satu tanya belum dijawab, udah di susul pertanyaan lain

      Hapus
    2. saya tau bintangnya Kang Pacul. bintang film india!

      Hapus
  12. selamat menjalankan ibadah puasa juga mbak,,, ayo ayo cepetan sembuh biar puasanya gak keganggu

    BalasHapus
  13. anak baik bagaimana orang tuanya. :)

    BalasHapus
  14. aamiinnn, semoga puasa Ramadhan tahun ini lebih berkualitas dari tahun sebelumnya...salam :-)

    BalasHapus
  15. anak cerdas tentunya berkat kecerdasan orng tua juga..

    cepet sembuh mbak

    BalasHapus
  16. terima kasih semuanya, maaf saya tidak bisa membalas satu persatu....

    semangat berpuasa, semoga keberkahan menyertai...aamiin

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya