Oleh-Oleh Dari Bengkalis


Sore kemarin, salah satu tetangga pulang dari berlibur di kampung halamannya di Bengkalis, salah satu kabupaten yang terletak di wilayah utara Provinsi Riau, mencakup wilayah darat dan kepulauan. Seperti biasa, bila ada salah satu sahabat atau tetangga yang mudik, mereka pasti membawa oleh-oleh khas daerahnya. Bila kami biasa membawa bakpia, salak pondoh, gudeg atau Brownies Amanda---lho, kan Jogja, bukan Bandung...memang, tapi rumah orang tua suami dekat toko Amanda, so praktisnya saja----
Budhe Pardi, tetangga kami yang pujakesuma (putra jawa kelahiran sumatra) membawakan kami sebuah durian yang cukup besar, beratnya sekitar 1,5 kg.

Kabupaten Bengkalis (daerah yang diarsir merah)

Bengkalis terkenal dengan buah duriannya. Kata Budhe Pardi, hampir semua rumah di kampungnya mempunyai pohon durian, dan pokok duriannya tak cuma satu, tapi banyak. Pokok-pokok durian itu dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa dibudidayakan, peninggalan simbah-simbahnya jaman dulu. Hingga sekarang, pohon-pohon itu sudah sangat besar, tentu buahnya juga banyak banget.

Olahan durian khas Bengkalis biasanya lempok atau dodol durian, selain dibikin kue, sup dan sebagainya. Saya lebih suka durian original tanpa diapa-apakan daripada olahannya. Lempok rasanya terlalu manis, hingga gigi saya ngilu bila memakannya. Tapi bila untuk oleh-oleh, lempok sangat cocok, karena awet dan rasanya nggak gampang berubah bila disimpan dalam waktu cukup lama.

durian Bengkalis

lempok durian

Menyimpan durian semalam, membuat seantero rumah kami semerbak aroma durian. Tak bisa dipungkiri, tetangga-tetangga kami pun pasti sudah dibagi sama Budhe...aaahhh...pesta durian lah kami semua. Keesokannya, nunggu moment yang tepat, setelah ayahnya pulang kerja, dibukalah durian hampir sebesar kepala saya itu...mmmm...daging buah yang sangat tebal, lunak dan putih menyembul dari lubang-lubangnya...

ayah buka durian

Kalap kami berdua, hingga habis separo dari buah durian itu. Tak habis, akhirnya kami kasihkan tetangga kami yang memang hobi berat makan durian. Bukan maksud memberi sisa, tapi lantaran Zaki teriak-teriak mendorong-dorong saya untuk membawa keluar durian itu.

"Baaauuuuu...bauuuu Bunda!!!!"

Dengan sedikit gojeg, saya ambilkan dia seujung jari saya, saya dekatkan ke mulut mungilnya untuk dicicipi.

"Hoooekk..." mau muntah dia

"Nggak mau, Nda...jijik"

Oalah anakku, ternyata nggak doyan makan durian.

Posting Lebih Baru Posting Lama

144 Responses to “Oleh-Oleh Dari Bengkalis”

  1. Balasan
    1. eh, mbak maya suka durian juga ya?

      Hapus
    2. waktu msih kecil saya jga g ska makan,durian,,,
      baunya mb,,,,

      tpi skrang malah suka

      Hapus
    3. waktu kecil tuh masih bayi ya? ya jelas gak suka lah, mana ada bayi makan durian..xixixi

      Hapus
    4. lah kok aneh dulu benci sekarang cinta, ah jangan bilang benci tapi cinta,
      hehehe

      Hapus
    5. Memang nyata tapi aneh kok..

      Hapus
    6. kliatan aneh tapi nyata

      Hapus
    7. kayak pedang aja kilatan

      Hapus
    8. kalau beradu, bunyinya pasti trang tring trang tring..trang...trang...tring...jleb(bunyi pedang masuk keperut)

      Hapus
    9. ditelan atau sulapan tuh kang

      Hapus
    10. wah, sudah pada rame nih...saya kemarin ngunduh arisan, masak-masak dll...nggak sempat negok ruang tamu...bul udah pada jagongan...maaf

      Hapus
    11. Pak Ci lagi main debus ya...tak heran lagi...

      Hapus
    12. betul. tapi saya malah heran

      Hapus
  2. duriannya rasa-rasa ya mbak. rasa bayar, rasa tuku..xixixi

    *top deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gak durian rasa mangga, atau rasa jeruk gitu, pasti deh seru

      Hapus
    2. ada Mas. tinggal di campur aja tuh durian sama jeruk dan mangga. aduk jadi satu trus di jemur 3 jam.

      namanya durian cangkok...

      Hapus
    3. Ada itu Mas, namanya durian mendem durian...

      Hapus
    4. berarti sama sama mutah ya mas kalau saling ketemu

      Hapus
    5. mutah pertanda ngidam

      Hapus
    6. ngidam duit apa ngidam rumah?

      betul Bli KS, kalau yang rasa rasa gini, saya paling hobi...awalnya nggak suka, kalau sudah dirasa-rasa jadi suka juga...duriannya.

      Hapus
    7. pasukan tempur... maghrib dulu

      Hapus
  3. saya tidak suka durian mbak, gara gara tetangga saya yang paling kaya sak kampung jaman tahun 1990an itu kalau makan duren kulitnya di buang di sampah orang ndeso deket rumah saya, baunya itu lho dan kesan saya duren dan sampah itu sama, sampai sekarang saya masih tidak menyukai duren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah lupa sih mas, tapi rasanya tetep ingat dooooooooong

      Hapus
    2. rasa nano-nano ya Mas..wkwkwk

      Hapus
    3. Wah Mas Agus ki, iku kan basane sopir truk Surabaya Jakarta Mas? lali rupo eling roso.., hehehe...:)

      Hapus
    4. tapi jangan di hitung pakai kalkulator bamub lho mas

      Hapus
    5. pake rok tapi jangan pake cd...

      Hapus
    6. kaya jeruk nipis saja, limaribu lima...apa-apa mahal...mau puasa.

      lucu ya Pak Agus...masa gara-gara kulitnya, trus nggak doyan isinya...

      Hapus
    7. itulah pak Agus.
      beda sama Pak Agus satunya lagi

      Hapus
    8. nah pak agus satunya itu yang mana dong

      Hapus
    9. Yang bukan mas Agus ini tentunya

      Hapus
    10. yang suka durian dan belah durian

      Hapus
    11. saya juga bukan mas Agus tentunya

      Hapus
  4. dulu pernah sih di paksa, dipaksa lho ya bukan saya yang nggragas, makan duren, rasanya kayak tape, apa betul begitu mbak? dan sampai sekarang saya tetep tidak suka duren.
    awas lho mbak nek mendem duren iso mlaku kuwalek engko, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mlaku kuwalek? kaki di kepala.. kepala di kaki...

      Hapus
    2. mlaku kuwalek kuwi po podo karo mbrangkang..?

      Hapus
    3. njomplak no pak nek mlaku kuwalik.

      Hapus
    4. kaki diatas boleh, mbrangkang juga boleh, mbrangkang sambil koprol sampek jomplang juga boleh, namanya juga mendem duren, kan gak ingat apa apa

      Hapus
    5. dihayati dan diamalkan

      Hapus
    6. tapi nggak pakai geleng-geleng kepala kan.

      Hapus
    7. geleng-geleng kepala tanda nggak mau.

      Pak Agus, pasti jaman dulu dipaksa, tapi nggak dikasih imbalan uang ya...jadi nggak mau...hehehe

      anak saya biasanya sama mbahe digodain..."Zaki...meneng, selawe ewu..." eee tetep saja ribut dan cerewet...andai saya, langsung cep klakep.

      Hapus
    8. saya geleng pertanda mau

      Hapus
    9. saya tidak mau tapi tetep ngatong

      Hapus
  5. Weeee...dik Zaki pasti seneng tuh..dapat oleh-olehnya banyak.., pak dhe Boku dikasih nggak...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. entar habis, di zaki gak kebagihan...beli sendiri aja..heheeee

      Hapus
    2. Pak Lik Agus St juga di paringi nggeh mas zaki, apalagi ada jenang sama dodol, itu makanan kesukaan pak lil agus lhoo mas zaki,

      Hapus
    3. Om Kstiawan juga mau loh...^_^

      Hapus
    4. Pakde Is juga mau lho Zaki ..

      Hapus
    5. monggo monggo semuanya dibagi sama Zaki...permen satu-satu
      hehehe

      trimakasih semuanya, atas kunjungannya

      Hapus
  6. kalo duren, lempuk duren, ini kesenangan istri dan anak-anak saya. kalo saya sukanya klepon aja Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokok'e klepon is the best

      Hapus
    2. sensasi muncratnya yang bikin kang zach tergila2 klepon...iya kan?

      Hapus
    3. saya juga suka sama klepon, :)

      Hapus
    4. saya juga suka klepon, apalagi kelapa parutnya yang banyaaakkk...sampe sampe dibilang sama mamak saya,
      "awas kakean kelapa cacingen lho..."
      hehehe

      Hapus
    5. padahal durian banyak manfaatnya lho Pak Zach...asal makannya tidak berlebihan

      Hapus
    6. apalagi manfaat mendapat durian runtuh

      Hapus
  7. asik nih main kesini pas ada durian... makan - makan durian jadinya, lempok belum pernah nyobain, rasanya bagai mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauh rasanya kalo sama balsem

      Hapus
    2. Rasanya manis menggigit Mang...dijamin nylempit-nylempit di gigi...kalau saya suka ngilu gigi makan lempok...

      kaya dodol garut gitu, tapi ada aroma durian

      Hapus
    3. waduh takut tuh kalau menggigit... ndak jadi nyobain ah

      Hapus
  8. zaki... toss sama pakde nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buwahahaaa......pakdeh ganteng

      Hapus
    2. salim dulu sama pak lik

      Hapus
    3. tos balik...katanya begitu Pak Zach...tapi layar monitor saya di-tos-i je Pak...

      Hapus
  9. pujakesuma singkatan yang kereeeeen :)
    Dulu awal mulanya juga tidak suka durian kerena bau dan lendirnya tapi sekarang bisa rakus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. durian bikin nagih ya Mas DJ...

      pujakesuma=putra jawa kelahiran sumatra
      pujakelantan=putra jawa kelahiran kalimantan

      Hapus
    2. pujalajogja = putra jawa lahir joga :)

      Hapus
    3. Pujalaoma = putra jawa lali omahe :)

      Hapus
    4. Pujasera = pusat jajanan serba ada ..*ra nyambung yo ben .. he he

      Hapus
  10. sejak cek gula darah, saya jadi rada hati2 makan duren, pdahal berapa bijipun duren pasti tak sikat habis sampe yang laen ngga kebagianpun saya ngaa peduli...beneran lohitu suwer.....tapi itu duluu

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ada tanda gula darah berlebih kang ?
      kalau makan ubi gimana , nggragas gak ?

      Hapus
    2. kalau ubi mah beda kandungan gizinya, bisa diliat di artikel saya tentang "Tips Buka Toko Ubi"...ditunggu kliknya yah!!.

      Hapus
    3. Kalau kulitnya disikat juga nggak kang Ci ..? he he

      Hapus
    4. iya memang harus hati-hati Pak Ci...tapi kalau tak makan berlebih kan ndakpapa ya...buat obat kepengen aja kok...atau nyium aromanya saja...(duh)

      Hapus
    5. coba kalau ndak cek gula darah... pasti anteng - anteng aja kan makan durian..

      Hapus
  11. waduh telat, pasti sudah gak kebagian durian

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulitnya bukannya doyan juga kang?

      Hapus
    2. tenang Mas Is, masih kebagian ceritanya kok...

      Hapus
    3. Pak Ci: kulitnya kan buat obat mabuk duren

      Hapus
    4. kulitnya bisa buata obat tuh

      Hapus
  12. kalo durian saya jelas tidak bisa menolak..apalagi kalo ada yang berminat kirim kemakassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aromanya itu lho Pak, harum semerbak...uniknya sebagian malah nggak suka sama wanginya

      Hapus
  13. wew montok banget tuh duriannya :D saya jadi pengen juga nih :)

    BalasHapus
  14. sini kasihkan aku klw ndak mau duren ....aku doyan yg namanya duren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, rupanya mbak ind suka duren juga yak?

      Hapus
  15. Bengkalis didaerah mananya mbak? saya juga asli anak bengkalis...
    Dibengkalis yang banyak duriannya itu cuma disekitar bantan, teluk latak dan kearah ketam putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau bengkalisnya sebelah mana Bang, mungkin di sekitar yang Anda sebutkan. Tapi yang jelas, duriannya berwarna putih dan berdaging sangat tebal...khas sebelah mana tuh?

      Hapus
    2. dimanapun letak bengkalis, yang pasti durennya telah bikin banyak orang mabuk kepayang

      Hapus
    3. nek kang zach senenge durian rasa klepon

      Hapus
  16. wah kalo duriannya langsng original saya ga kuat -___-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti dimakan juga kulitnya nih

      Hapus
    2. Miz...sebut nama saya..insyaallah dikuatkan

      Hapus
  17. lempok durian kayaknya enak tuh.. :p .

    BalasHapus
    Balasan
    1. klepon durian enak nggak ya?

      Hapus
    2. ketan durian juga ada ya

      Hapus
    3. yang ngga bisa dirubah cuman Ubi Durian..

      Hapus
    4. Wah Kang Cil, itu mesti perkawinan silang antara durian montong dengan ubi cilembu..:)

      Hapus
  18. Oleh-olehnya Masih dik Zaki, kok ditunggu pak dhe Boku nggak dianterin sih..??

    BalasHapus
  19. lalu untuk ane mana ?? wkwkwkk

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. semoga sukses puasa dan ramadhan kita semua

      Hapus
    2. selama puasa hanya diperbolehkan mencium aroma duriannya tok

      Hapus
  21. Mbak Khusna, kirimannya udah sampe kemaren (pas saya ada tugas di luar), so baru saya buka hari ini. walahh jan, saya terkejut tapi seneeeeeeeng banget. makasih banyak. semoga ini menjadi pengencang tali silaturahmi keluarga kami dengan keluarga Mas Berkah. dan semoga Allah senantiasa memberikan rizki yang barakah selalu untuk Mbak Khsuna sekeluarga.

    BalasHapus
  22. Sorry ya teman-teman semua, saya lagi menghayati postingan ini dengan senyata-nyatanya. sambil makan wajik khas Riau. indah bangeeet. sekali lagi, dipersory. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf diterima, gak papa, saya puasa .. he he

      Hapus
    2. hayoh kono , ngiming gnimingo wong poso

      Hapus
    3. wah ra puoso iki bang zach

      Hapus
  23. wah kirim donk duren nya ke sidoarjo :D hehehe

    udah lama nggak makan duren terakhir kali pas smp kelas 3 :D

    happy blogging :)

    BalasHapus
  24. kok banyak sampah bersereakan ternyata sudah habis, pulang lagi deh sambil garuk garuk tanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan garuk-garuk pakai kulit durian pokoknya

      Hapus
  25. durian memang lezat bagi peminatnya, tapi banyak juga yang tersiksa karena bau durian seperti Mas Agus dan konsumsinyapun tidak boleh berlebihan karena kadar kolesterolnya tinggi sekali dan rentan bagi pengidap yang tinggi-tinggi itu

    BalasHapus
  26. Mau dong duriannya .. :D

    Ijin follow yaa ... Kalau berkenan folbek dong ...

    BalasHapus
  27. nhaa nek iki enteng
    tapi aku ga doyan duren gimana dong..?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya