Day 8: Si "Tukijem" yang Menyebalkan


Sore kemarin, tit tit tit tit, ada sms masuk.
"Jian, Tukijem tenan ki..."
Dari teman saya di Jawa, Desi. Soulmate sejak jaman baheula di Jogja.
Saya balas.
"Apa Mbakyu?"
"Nyebeli, ngendi Na, henpune ratau aktif?"

Saya tahu benar, Tukijem (bukan maksud kami mendiskreditkan nama) menandakan dia lagi marah berat ke saya. Alasannya bukan karena kesibukan, trus HP dimatikan atau hal lain, tapi beberapa bulan ini HP saya benar-benar butuh diganti eh diperbaiki. HP Nokia 1200 warna merah yang kondisinya memprihatinkan, dengan layar yang sudah retak, batre yang di charge berjam-jam tapi cuma awet 3 menit buat nelpon, hingga keypad yang copot-copot. Mau service ke Kerinci, masih belum sempat. Malas pergi-pergi ke luar town site kalau tak mendesak atau mencari kebutuhan pokok.

Sudah hampir 3 tahun, saya tidak bertemu Desi sama sekali. Setelah berkeluarga masing-masing, saya di sini, Riau,dan dia ikut suaminya ke Sukoharjo, Jawa Tengah. Tiap pulang kampungpun, kami selalu susah menyamakan waktu untuk bisa bertemu. Bukan saya yang sok sibuk, tapi kesibukan dia yang mengajar di sebuah sekolah swasta. Mudik bulan April kemarin pun kami tak bisa ketemuan, padahal hampir sebulan saya di Jogja, alasannya simple, sekolah tidak libur yang artinya dia tidak bisa ke Jogja. Sedang saya belum berani pergi jarak jauh berdua saja dengan Zaki, apalagi naik bus dan harus mencari-cari alamat. Waktu itu ayah Zaki buru-buru pulang lagi ke Riau untuk persiapan pergi ke Palembang.

Kemarinlah puncak kemarahan Desi.
Biasanya kami sering sms-an atau telpon sekedar say hello. Ngobrol ngalor-ngidul ala emak-emak. Biasalah, tak jauh-jauh dari cucian dan dapur...

Ada rasa bersalah juga lama tak berkomunikasi dengan teman lama, tak cuma Desi, tapi masih banyak teman-teman yang dulunya lengket dan akrab, sekarang blas tak pernah saling sapa. Paling-paling sesekali ngintip status mereka leawat facebook ayah Zaki.

Padahal jelas dalam Al Qur'an disebutkan, Surah An Nisa 4:1:
"Dan bertaqwalah kepada Alloh dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Alloh selalu menjaga dan mengawasi kamu."

Kemudian dalam Hadits Bukhari, dari Abu Hurairah radiyaullahu anha, Rosulullah bersabda:
"Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya, dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi."

Bismillah, semoga kesalahan dan kelalaian saya tidak terjadi kepada kawan-kawan...


Happy Fasting bagi yang menjalankan ibadah puasa!!!


Tukijem yang menyebalkan

Posting Lebih Baru Posting Lama

86 Responses to “Day 8: Si "Tukijem" yang Menyebalkan”

  1. Mari bersilaturrahmi .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang saja mau kenalan sama Tukijem....heheheh

      Hapus
    2. husss.. tukijem lagi buang muka tuh. photonya di bawah postingan

      Hapus
    3. kasihan deh mas nazar kena cuek

      Hapus
    4. dicuekin sama Mang Yono sekalian, lagi!

      Hapus
    5. sini saya cuekin juga..

      Hapus
    6. saya tambahin cuek'nya..

      Hapus
    7. duh kasihan mas nazar, ya udah mas tak temenin ya

      Hapus
    8. kenapa malah pada protes dicuekin yak?..hahaha
      cuekin aja mbak, pada sok nyari perhatian nih semua lalaki..:P

      *kabur ah..

      Hapus
    9. gara2 modemku lemot...gambarnya ngga kebuka, jadi ngga bisa ikutan berebutan tukijem nya deh...huh!!

      Hapus
    10. tukijem nya masih merengut mang

      Hapus
  2. Sekarang zaman sudah canggih mbak, silaturahmi bisa dijalin dari jarak jauh dengan teknologi seperti handphone dll. Terkadang kesibukan yang sering menghalangi itu semua, yang penting nggak ada niat untuk tidak ber-say hello dengan teman lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bungkus korek sama benang

      Hapus
    2. gelas akua juga bisa loh

      Hapus
    3. pake bungkus korek sama benang,, itu benang'nya mau sepanjang apa tuh.. hehe

      Hapus
  3. tukiyem nya cakep.....
    Awas....ada genk KPK komennya gini:

    Nope nya boleh di share dong....suit suit

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bukan saya nih yang dimaksud. saya kan kalem.

      Hapus
    2. saya kan bukan genk, cuma tampilan sih norak hati lembut lho..
      eh bisikin dong nomer hp nya,..
      hihihihi

      Hapus
    3. mas Agus kan udah punya nomor hp saya.
      ssstt... forward ke saya ya... hihi

      Hapus
    4. pada tunjuk diri semua mb indah

      Hapus
    5. punya blog juga nggak?

      Hapus
    6. dari td kok belum dapat nomernya ya, apa yang kasih nomer belum dapat wangsit?

      Hapus
    7. nomer'nya belum keluar, lagi dicari..

      Hapus
    8. hus usul tukijem udah ada yang punya

      Hapus
  4. mbak mamang titip salam yo buat Tukijem apa Tukiyem yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. tukijem nama siang kang yono. kalo malem ngeliatnya di perempatan alun2 namanya jadi tukiyem. *kaburrr...

      Hapus
    2. kalo mang yono nama malamnya miss yani ya?

      Hapus
    3. sambil macak jadi cirlider kan

      Hapus
    4. Mas Agus kalau malam namanya jadi Agustia..

      Hapus
    5. aku kangen mamang yono lah...

      Hapus
  5. setuju banget, dengan silaturrahim kita akan dilapangkan rizki..makanya saya sering silaturrahim kesini hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sering bawa oleh - oleh

      Hapus
    2. oleh-oleh bahasa inggrisnya:
      "by-by" ya?

      Hapus
    3. no what what lah..logat singapuran

      Hapus
    4. nah tuh...udah kebuka deh tuh gambarnya...
      Ups?!..cuantik dan berkacamata pula...kayanya selevel dengan mang ubi mah nih....bu guru euy.

      Hp...Hp...Hp...Hp...no. hp nya KK, inbox in ke fb sayah yah!!
      toss dulu ah

      Hapus
  6. emang kalo urusan komunikasi terganggu bisa bikin emosi. dalam berumah tangga pun demikian. makanya sy ama istri untk bbrapa hal mesti konfirmasi dulu: gak bawa hape loh, cin. gitu kata sy ke istri. semoga hati2 kita terjaga dan emosi lebih stabil di bulan berkah ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaw mas rusdy masih panggil cin, keren mas, mesra gitu loooh

      Hapus
    2. ya itu kan di postingan, mas agus. kayak artis2 gituh, depan kamera mesti mesra sama pasangan, wkwkwk

      Hapus
  7. nah ini yang perlu di garis bawahi, persahabatan, pertemanan pasti ada masa seperti ini, padahal dulu lengket kayak gak mau pisah tapi keadaan membuat pisah dan kesibukan sebagai istri dan ibu sudah melupakan segalanya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi nggak melupakan kapan pas ditembak Ai Lap Yu kan?

      Hapus
    2. kalau kena tembak bisa klepek..klepek..

      Hapus
    3. langsung kosel kosel mas, hehehe

      Hapus
    4. kayak ikan gak kena air.. klepek-klepek..

      Hapus
    5. digoreng sekalian kan enak tuh ikan..

      Hapus
  8. saya bisa nyelami apa yang dirasakan Mbak Khusna, juga Mbak Desi. karena saya pun punya pengalaman yang analog seperti itu. yang pasti dikomplain, tapi bahagia kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Zach bisa nyelam ya...

      Hapus
    2. nyelam tapi tidak mbalek mbalek

      Hapus
    3. nyelam gaya batu tidak mbalek-mbalek..

      Hapus
    4. nyelam tapi gak nongol2x..heheee

      Hapus
  9. Kunjungan pertama. Sekedar menebar salam dan ijin follow blognya... Semoga bisa menjalin silatturahmi...

    BalasHapus
  10. Kunjungan balik... sekalian follow...

    btw, nama anak kita kok sama-an ya... padahal ndak janjian lho,

    BalasHapus
  11. teman akrab mb
    moga suatu saat nnti bs ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak teletubies dong berpelukan..

      Hapus
    2. mesti terus ngerumpi ya...heheheee

      Hapus
  12. yuk kita jalin silaturahim dengan erat..

    pasti tar kalau mbak khusna ketemu sama mbak desi pasti berpelukan..xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake cikipa cikipi gak

      Hapus
    2. kayak teletabis ya...berpelukan

      Hapus
    3. aku nunggu manusia hutan ah..

      Hapus
    4. bukan saya kan yang dimaksudkan?

      Hapus
  13. kirain hapeku yang terjadul diantara blogger, ternyata masih ada yang jadul :)
    salam untuk tukijem !

    BalasHapus
  14. wakakakaka.. tukijem..... persis kek temenku, nyebelin !

    tapi cantik...ihirr.

    BalasHapus
  15. kejadiannya sama kayak saya dengan sahabat saya dulu waktu jaman sekolah.. dulu saya sering makan tidur dirumahnya, rumahnya bagi saya seperti rumah kedua.. tapi sekarang udah gak pernah ketemu lagi.. dia'nya kayak apa saya udah gak tau.. :D

    *curhat dikit

    BalasHapus
  16. Aih aiih, ributnyaaaa ngomongin Tukijem!

    BalasHapus
  17. Kadang kalau sudah disibukkan dengan urusan keluarga, jadi gak bisa terlalu sering say hello sama teman2 lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. adanya say hello sama istrinya pak..heheeee

      Hapus
  18. kenapa gak sms atau telp. saya aja mbak ? pasti tak bales tapi kirimi pulsa dulu ya...hahahaaa

    anggap aja tukijem memang sibuk...*positif thinking

    BalasHapus
  19. Kunjungan pertama. ijin follow blognya... Semoga berkenan

    BalasHapus
  20. kalo aku suka bunyi HPnya...titittitit..

    BalasHapus
  21. hadir kembali demi tukijem, tut tut tut...gubrak !

    BalasHapus
  22. iya jeng tukijem, makanya kalo ada sms tu dibales. niat temen2 kan baik nyambung silaturahmi, tapi kalo jeng tukijem ga ngrespon ya kadang jadi males. subhanalloh makin cantik aja kamu jem ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anni...i luv u..kangen...maaf, hapene rusak jal...
      gimana Firas, besok sekolah to?

      Hapus
  23. akhirnya tukijem mau juga nongol diinternet

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya