Pangkas Rambut Ya Nak...


Sudah hampir setengah tahun ini Zaki tak pernah pangkas rambut di tukang cukur. Terakhir pangkas rambut di tukang cukur waktu mudik ke Jogja bulan April kemarin. Itupun karena Mbah Kakungnya merasa sudah sangat risih dengan rambut Zaki yang gondrong hingga menutupi telinga. Akhirnya Mbah Kakungnya nekat mengajaknya jalan-jalan naik vespa dan mampir ke Azzam Barber Shop di Jalan Godean.

Bukan karena sibuk tak sempat ngantarkan ke tukang pangkas, tapi Zaki sendiri yang terlalu banyak alasan tiap mau diajak ke tukaang cukur rambut. Nanti lah, minggu depan lah, Rabu depan lah...dan lain-lain. Padahal saya tahu, dia belum paham betul arti kata minggu depan atau Rabu depan. Sebenarnya dia nggak suka kalau badannya terkena sisa potongan rambutnya yang tebal, kaku dan lurus itu. Gatal. Selain itu dia gilo alias takut tiap gumpalan-gumpalan potongan rambut hitamnya berjatuhan di depan mata dia. "Ulat bulu, Ndaaaaa !!!". Makanya tak heran kalau tetangga-tetangga pada komplen, " Zaki...kok panjang kali rambutmu".


nah kan, udah gondrong gitu...

Sekali dua kali dibujuk ke tukang cukur tak bergeming juga, akhirnya saya nekat memangkas sendiri rambut dia. Tentu dengan rayuan aneka mainan dan seember air berisi bola-bola. Sementara dia asyik main, saya potong sedikit demi sedikit rambutnya. Tentu dengan seizin dia juga. Maksimal 1,5 bulan sekali saya pangkas. Kalau lebih dari itu, rambutnya akan kelewat panjang dan dia akan semakin gilo melihat sisa rambutnya saat dipangkas.

Entah dapat feeling apa, kok kemarin sore Zaki langsung bilang mau ketika saya iseng-iseng nawari dia pangkas rambut di tukang cukur. Tanpa menunggu lama, keburu dia berubah pikiran, langsung ayahnya mengantarkan kami ke tempat cukur rambut langganan ayah. Presiden Barber Shop.



Dengan bersepeda motor 10 menit keluar dari Town Site 1 kami sudah sampai ke tempat pangkas rambut. Mungkin hanya Presiden-lah satu-satunya tempat pangkas rambut yang ekslusif di Pangkalan Kerinci. Penataannya rapi, bersih, adem dan nyaman. Para pelanggannya pun banyak. Tapi tak perlu khawatir jemu menunggu giliran, soalnya di sana sudah disediakan minuman dan koran atau majalah edisi terbaru. Si Kakak recepsionisnya pun ramah dan murah senyum. Bersyukurnya kami tak perlu duduk di bangku antrian, begitu masuk, Zaki langsung dapat kursi.

siap tempur Le...

lah, emaknya ikut nampang...

Tak menunggu lama, dalam keadaan anteng Zaki sudah selesai dipermak...eh dipangkas. Jadi lebih ganteng dan rapi tentunya. Hamdalah, sesi pemangkasan rambut berjalan lancar, tak tercemari heboh dan teriak-teriak ke-gilo-an sisa rambut. Dengan membayar Rp 22.000, ongkos yang terbilang mahal menurut saya, Zaki ganteng melenggang pulang dengan bahagia. Sampai rumah langsung mandi dan keramas sekeluarga. Loh...??? Iya, karena pulangnya kita kehujanan.

maaf, nggak nampak tulisannya...


sudah ganteng







Posting Lebih Baru Posting Lama

64 Responses to “Pangkas Rambut Ya Nak...”

  1. saya juga paling risih kalo rambutnya anak-anak sudah nggak rapi. Potong rambut tipis rata 0,5 cm. Paling enggak, 3 minggu sekali saya bawa ke tukang cukur. Di sini sih murah, anak-anak Rp 2.000 kalo dewasa hanya Rp 3.000 sudah rapi.

    Tuh kan Mas Zakky tambah gantheng setelah potong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah murah banget tuh, kalo didaerah saya orang dewasa IDR@9000.
      Anak-anak IDR@7000

      Hapus
    2. masih murah tuh Mbak. di tempat saya 8 ribu buat yang dewasa. kalo saya sih gratisan, tukang cukurnya: istri saya

      Hapus
    3. sama tuh bang ... disini orang dewasa 8 ribu, biasanya cm 7 ribu ....

      Hapus
    4. kalau dikampung saya Anak-anak dan dewasa IDR@5000.. tukang cukur keliling, listrik dari pemesan hehehe...

      Hapus
    5. Pak Ies: risih dan gemes ya Pak, pengen nyukur. kalau anak sudah sekolah, jadi nggak rapi, berambut gondrong identik dengan anak bandel suka bolos, kalau masih balita, identik dengan biang keringat...

      ternyata memang lebih murah di tempat lain ketimbang di Kerinci, tapi rekornya tentu dipegang oleh Pak Zach, yang gratis...tanpa bayar...hehehe

      Hapus
    6. lho kok murah pak ies, itu pasti tukang cukur di bawah pohon asem ya. hehehe

      Hapus
    7. kalau di bawah pohon asem, hati-hati lho, banyak ulat bulu di atasnya

      Hapus
  2. gantengan zaki apa mas berkah, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kata istri saya gantengan saya mas ehheeh... ndak nanya ya hehehe

      Hapus
    2. gantengan bapaknya dong Pak Zach, anaknya kan calon ganteng...hehehe

      Mamang, kayaknya gantengan Gigin deh darpada ayahnya...hehehe * sampluk safety belt...duh

      Hapus
    3. mang yono mah udah jelek. gantengnya udah reinkarnasi ke sahruk khan haha

      Hapus
    4. kalau mas rawin sudah diturunkan ke cipta

      Hapus
    5. lha Pak Agus nih, masak gantengnya diturunkan ke Dik Hayyu, ya ndak to...Dik Hayyu kan cantik kayak mamanya

      Hapus
  3. pangkas dulu yah Zaki, biar tambah ganteng hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganteng seperti mamangnya ya mas hehe

      Hapus
    2. iya Pak El, ganteng semuanya, karena laki-laki...emang mau dibilang cantik? hehehe

      Hapus
    3. Iya juga sih, laki2 ya ganteng jadinya hehe...eh itu manh Yono sejak kapan jadi mamangnya hihi..

      Hapus
    4. Mamang sih sejak dulu jadi Mamangnya siapa saja Pak El...hehhe

      Hapus
  4. lama g ol,,,
    dah ktinggalan beberapa episode,,,,,,

    g d ptong sendiri aja mb? ehehehe,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modelnya bingung kali, May...

      Kl adiknya Zaki yg masih 1.5th selalu ke "salon bunda", ibunya sndiri yg motong... :)

      Hapus
    2. mas Pri memangnya Zaki punya adik?... ups Zakinya anaknya mas Pri ya... kirain Zaki anaknya mbak KK heheeh

      Hapus
    3. kadang saya pangkas sendiri rambutnya Mbak Maya, tapi lama-lama kok keliatan ancur, nggak rapi...jadi ya serahkan saja sama ahlinya si tukang pangkas.

      double Zaki...semoga sehat-sehat semuanya...aamiin

      Hapus
  5. iyaaa..kalo sudah seumuran zaki udh enak ya,ngerti..
    kalo masih seumuran athar bingung jg dibawa ke tukang pangkasnya.. belum ngerti,terus susah jg abangnya nyukur. akhirnya yg nyukur ayahnya deh..seadanya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti nunggu athar-nya tidur ya mbak...

      Hapus
    2. betul banget Mbak Yuli, apalagi Athar aktif gitu ya, kalau dipaksa malah bahaya bisa kena pisau cukurnya, jadi harus sabar...

      Kalau Mamang dipangkas pas tidur kira-kira mau ndak Mang?

      Hapus
  6. Setengah tahun gak cukur??? Wah, wah, wah kok beda sama Zaki saya... paling suka kl ditawari pangkas rambut. Soalnya tukangnya yg memang suka sama anak kecil, jd sambil diajak bercanda gitu...

    Tarifnya cuman 7ribu perak. Kl di tempat cukur yg untk saya mlh 5ribu perak... Mhalan mangkas rambut anak kecil yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setengah tahun nggak cukur di salon Pak, biasanya saya cukur sendiri tiap bulannya, tapi makin lama kok makin amburadul potongannya...xixixi, maklum tukang pangkas amatiran bundanya.

      senang tentunya ya Pak, putrane nurut seperti Dik Zaki. harusnya memang harus gitu Pak, tukang cukur anak-anak harus pandai mengambil hati anak kecil, tapi sayang di sini tidak...

      sama dengan di Jogja, 5 ribu perak udah rapi.

      Hapus
    2. Ya kl gitu mbak khusna-nya saja yg pinter2 ngambil hati tukang cukurnya.. sp tau dikasih murah #ups,

      Hapus
    3. haduh Pak Pri, jangan paksa saya melakukannya...ntar saya malah ikutan dicukur kan repot tuh

      Hapus
  7. 22 ribu mahal juga ya mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, kelewat mahal menurut saya. kalau di salon yang di pinggir-pinggir jalan itu 17-20 ribu, tapi dapat bonus....bonus mandi debu...hehehe

      Hapus
  8. 22 ribu ya mbak, ditempat saya bisa untuk empat orang, tapi tukang cukur keliling ehheeh.
    namanya PRESIDEN ... berarti SBY di cukur di kerinci Riau ya mbak heheh

    Kalau seumur Zaki sudah bisa di bujuk ya mbak, kalau seumur anak saya yang kecil " Gigin " kalau mau di potong rambut harus sabar, meskipun lagi tidur langsung bangun, langsung liatin arah gunting, saya nggunting dari belakang , dia nengok ke belakang... tempo hari pernah sampai 2 hari baru kelar, satu hari cuma kelar sebelah, besoknya dilanjutkan ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamang juara banget ya...nyukur rambut sampai 2 hari. tentu borongannya mahal banget ya Mang...hehehe

      tentunya Mang, apalagi Gigin lagi aktif-aktifnya kayak gitu, ya musti sabar. kalau dipaksakan malah bahaya kan Mang...

      ongkos 22.000 di Jogja udah bisa untuk 3-4 kepala tuh Mang...sama.

      Hapus
    2. kemaren waktu ke tempat mang lembu, ternyata si geo rambutnya mirip bener sama si ncip. sampe ibunya si mamang bengong manggil manggil cucunya dicuekin, padahal salah orang.

      gondrongnya sama. kalo zaki rambutnya tipis rada merah kayaknya kompakan tuh potongan rambutnya...

      perlu bikin grup anak gondrong keknya nih...

      Hapus
    3. kok tidak di potong mas rambute cipta ? kangelan juga ya

      Hapus
    4. paling-paling nanti sama Cipta diajak sambil nonton embek...jadi bingung, mana yang mau dipangkas..

      Hapus
  9. mahal juga ya ongkos pangkas rambutnya, di dekat rumahku pangkas dewasa cuma 12rebon, berAC juga adem..

    oke lah zaki, tante juga abis potong rambut nih, Jakarta panas banget dah sebulan ini...lagian rambut panjang ternyata rontoknya berasa makin banyak..

    sekalian kemaren juga abis dicat rambutnya, biar kayak megaloman...ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Mbak, harga di luar jawa kelewatan nih...mereka semaunya sendiri bikin harga, mentang-mentang sedikit pesaingnya.

      Nah Tante Ay juga habis nyalon to...tentu tambah cantik nih, kalau jalan-jalan sendirian berbahaya loh Tan, bisa dikecengin brondong...kan kasihan Si Akang-nya...hehe

      rambut panjang memang bikin gampang rontok Mbak, apalagi kalau pas sisiran, iiih nyangkut-nyangkut di sisir, udah gitu ribet pula ngerawatnya..

      megalon itu yang banyak minum air putih ya Mbak? xixixi

      Hapus
  10. padahal anak gaul sekarang lg musim gondrong warna warni niru2 artis korea ya hehe....tapi kita mah ga boleh gitu ya dede zaki, jangan ikut2an, harus tetep rapi biar keliatan makin guanteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh Kang, gaya Kpop gitu. cuma satu yang saya herankan, teman kita yang di koreyah sana, Pak Pacul, apa ya rambutnya dicat warna-warni ya?

      makasih Kang WS, atas kunjungannya.

      Hapus
  11. Anak-anak memang sangat susah untuk potong rambut ... termasuk saya .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih anak-anak to Mas Nazar? hehehe.

      pintar-pintar yang membujuk dan merayu Mas...jadi kesimpulannya, para emak harus jadi perayu tulen

      Hapus
  12. kaya si ncip saja sih ga mau potong rambut. kalo ditanya kenapa gondrong, katanya gagah.. :D

    tapi emang bener sih
    biasa potong rambut di jogja cuma 5 ribu perak, di kalimantan musti bayar 30 ribu, rasanya kaya kerampokan, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu dong si Ncip gagah, nggak potong rambutpun udah keren, apalagi kalau pangkas, tambah unyu...hehehe. tapi tipe rambut Ncip lembut dan halus gitu Pak Raw, nggak begitu tampak semrawutnya, jadi walaupun gondrong malah kelihatan bagus, beda dengan rambut yang kaku dan lurus, semakin panjang akan semakin tampak rusuh.

      nah, malah lebih mahal di Kalimantan rupanya...bisa jadi peluang bisnis...

      Hapus
    2. ga tau tuh anak sepabrik sebahan aja rambutnya beda banget. rambut mbaknya super kusut. tiap habis mandi perlu tenaga ekstra buat nyisir si ncit. kalo ncip mah mirip bapaknya, ga pernah mau nyisir...

      Hapus
    3. nah, biasanya anak laki kan niru ibu e Pak, berarti kesimpulan saya, Pak Raw dulu rambutnya juga kusut, iya kan?

      Hapus
  13. hehehe, saya juga suka males kalo disuruh pergi ke tempat cukur, ada rasa aneh gimanaa gitu kalau mau dicukur, padahal usia udah kepala 2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini nih, harus dibujuk-bujuk juga sama ibundanya...hayo dik, lekas pangkas rambut...hehehe

      Hapus
  14. alhamdulillah anak2 ku gak pernah rewel karo soal cukur rambut, termasuk si kembar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. putrane Lik Pacuk memang siiip semuanya. Tentu lebih mudah membujuk anak kembar ya LIk, tinggal bujuk satu anak, yang lain ngikut...

      Hapus
  15. Nah begitu kan rapi rambutnya zaki dan lebih ganteng setelah potong rambut..

    BalasHapus
  16. Unyu2 bener mukanya, tumben ga rewel disuruh potong rambutnya, klo saya dulu waktu kecil waduhhh rewelnya minta ampun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, makasih Mas atas kunjungannya. kalau rewel, biasanya minta pajak dulu sama ibunya ya, minta dibelikan mainan dulu baru mau dipangkas...

      Hapus
  17. Sekarang cukur bagi Zaki jadi kebutuhan sehingga minta sendiri tanpa dioyak-oyak, lewat sudah fase membujuk rewel cukurnya. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bund, suatu saat kalau dia sudah ngerti arti kerapian dan kebersihan, juga pasti nggak perlu pakai bujuk rayu seperti sekarang...makasih kunjungannya Bund

      Hapus
  18. biarpun dipangkas pake model apapun, zaki tetep mirip ayahnya ko'

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha iya lah Pak Ci, masak mirip Mang Lembu kan geger dunia persilatan

      Hapus
  19. nama barber shop nya kok gitu ya mbak, yang pangkas disitu bisa jadi presiden tuh hhe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, aamiin Mbak...jadi presiden untuk keluarga juga OK banget tuh

      Hapus
  20. mas zaky tambah ngganteng kalau di cukur agak plontos gitu mbak, kalau mas berkah jangan plontos2 nanti mirip mas zaky, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, iya ya Pak, ntar nggak bisa masuk pabrik deh---dikira masih anak-anak...xixixi

      Hapus
  21. Gak segitunya kalee....ini iklan atau apa mba, masih ada yang lain kok pangkas rambutnya yang juga gak kalah ekjsluifnya tu:....

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya