Alpukat...Mmmm Nyummy


Alpukat...Mmmm Nyummy

Siapalah yang tak kenal buah molek asal Meksiko ini. Alpukat atau Persea americana ini merupakan buah tropika (bukan Fitri Tropika lho yaaaa....) yang mempunyai segudang manfaat. Bagi yang suka bikin sup buah, tak lengkap rasanya jika belum melihat irisan alpukat menyembul-nyembul diantara buah-buahan lain di mangkuk kita. Mmmmm nyummy.

Saya mengenal buah berdaging lembut ini sejak kecil. Waktu itu pekarangan rumah oma saya di Madiun ditanami pohon alpukat yang tiap kali musim berbuah, buahnya gembrandul sangat banyak. Tak hanya para tetangga yang kebagian alpukat, bahkan kami sering diundang oma ke Madiun untuk ikut panen. Jauh-jauh naik bus dari Jogja ke Madiun hanya untuk panen buah alpukat? Iya.

Namun sekitar tahun 2000 pohon alpukat yang menjulang di depan rumah itu harus ditebang karena ada proyek pelebaran jalan kampung. Gang di depan rumah yang tadinya sempit dilebarkan dan dilapisi cor semen. Ya sudahlah, ikhlas saja toh demi kenyamanan bersama.
 
Walaupun si pohon sudah tak ada lagi, namun kecintaan saya ke buah alpukat masih melekat sampai sekarang. Saya suka sensasi lembut dan gurih seperti susu dari daging buahnya. Biasanya saya menikmatinya begitu saja, tanpa dibikin sup, tanpa dibuat jus, tanpa campuran lain. Cukup dibelah, dikeluarkan bijinya dan dinikmati sesendok demi sesendok daging buahnya. Plain tapi bikin ketagihan. Beda lagi dengan kedua laki-laki di rumah saya. Keduanya tidak suka buah alpukat. Kalaupun mau, itu harus dibikin jus atau dibikin sup buah. Itupun tak seberapa, paling semangkuk atau segelas kecil, sudah. Mak jleb banget kan?




Kandungan nutrisi alpukat ternyata banyak banget. Tak heran jika para mama di kompek yang punya batita suka benget menyuapi putra putrinya dengan buah ini. Berdasarkan pakarnya, alpukat mengandung kurang lebih 20 macam vitamin dan mineral, diantaranya vitamin E, vitamin C, asam folat, serat pangan, zat besi, magnesiaum, potasium, niasin atau vitamin B3, riboflavin atau vitamin B2, thiamin atau vitamin B1, dan vitamin K.

Para wanita tentu mengenal banget vitamin E. Bagi yang ingin mempunyai kulit mulus dan sehat, vitamin E-lah jawabannya. Karena vitamin E berfungsi untuk menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, mempercepat proses penyembuhan luka dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet...
 
 Masih juga nggak suka makan alpukat?
 
 
 

Posting Lebih Baru Posting Lama

61 Responses to “Alpukat...Mmmm Nyummy”

  1. Wah lagi2 kita sama jenk, waow alpukat, favoritku banget tuh. Jadi ngiler nih baca artikelmu, besok beli ah. Nek aku senenge tak hancurin ditambah susu atau gula, maklum pecinta manis, hehe ;). Eh kamu sekarang kok beda to jenk, terlihat makin dewasa gitu. Jo GR lho! Foto profilmu yo bedo banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat datang sahabatku....selamat bergabung dengan KPK endegeng !!!

      walah, kan sudah saya bilang, kita itu hampir sama...kalau boleh malah pengen jadi kembaranmu yang ke-3 deh...hehehehe

      Makasih banyak ya Anni....

      Hapus
    2. wah kalo kamu ikut gabung jadi saudara kembar, bagaikan pinang dibelah-belah njuk'an, hahaha.

      Hapus
    3. hahaha, ntar Firas bingung mana umminya...

      Hapus
    4. waduh abinya juga bingung tuh gimana coba

      Hapus
    5. entah bang, biar mereka yang bingung. kita nonton aja kale..hehe

      Hapus
    6. silakan Bli...nonton gratis...

      Hapus
    7. ini yg kembar sapa coba?
      mas bli ma mas zac...gak mungkin kan!
      trus sapa coba....
      apa mang ubi ma lik rawin.....entah la

      Hapus
    8. kayaknya yang kembar mang ubi sama lik rawin...

      Hapus
  2. Hai mba khusna apa kbr ?

    Wah buah ini aq favorit bgt ... aq senengnya d jus trus d ksh susu coklat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Nia...hamdalah kabar baik Mbak...maaf saya selalu ketinggalan info tentang panjenengan lho, lha wong postingannya nggak muncul di daftar bacaan saya je Mbak...sekali lagi maaf ya Mbak

      Hapus
    2. dimaafkan oleh Mas Agus pasti

      Hapus
    3. mintanya ke Mbak Nia, yang ngasih Pak Agus...hebat banget saya kan Pak?

      Hapus
    4. kan ada benang bathinnya... bukan benang merah OVJ loh

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya lah Lik, tambah susu karo es ya...

      Hapus
    2. kang pacul, paling enak digawekke jus neng bojone. kaya aku iki lhooo.

      Hapus
  4. yang namanya alpukat dimakan begitu saja sudah enak mbak,apalagi di juice atau dubuat pudding waw maknyuzzzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tambah nikmat ya Pak Dede, kapan-kapan boleh dong Pak Dede berbagi resep puding alpukat...

      Hapus
    2. pudding tubbie enak juga nggak ya

      Hapus
    3. pudding tubbie-nya udah dihabisin sama Pooh Pak...

      Hapus
  5. waduh, kalau saya malah tidak suka sama sekali bun dengan yang namanya alpukat

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa Mas Arie, ada temennya, suami dan anak saya juga nggak suka, tapi dikit-dikit masih mau sih...

      Hapus
    2. kalau sayah suka banget, cuma kulit dan bijinya yang gak suka...

      Hapus
  6. Alpukat, salah satu buah kesukaan saya, apalgi di jus, timbah susu coklat, es batu, minumnya lagi panas2, wah tambah maknyyuss rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu Pak El, saya agak bingung nih...katanya tambah es, kok panas sih? es panas ya? hehehe

      Hapus
  7. anak saya Arien hobi banget nih. barusan aja makan alpukat, tadi pagi ngejus alpukat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bapak nya Arien suka alpukat juga nggak?

      Hapus
    2. wah mantap Pak Zach...habis itu malamnya makan pudding alpukat ya?

      saya yakin, sekeluarga pada hobi makan alpukat, buktinya beliau sehat dan tampak "mudi"...itu kan khasiat alpukat Bli

      Hapus
    3. kalau begitu sayah mau nanam alpukat ah hehehe... kapan makannya heheh

      Hapus
  8. Ada yang bilang, 1 buah alpukat setara dengan 10 butir telur ayam.... .. dulu, waktu kecil malah makan campur bubur, hahahahaha... anggap aja telor, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kayak mana tuh Bang?

      apalah arti sebuah rasa, yang penting mah gizinya ya Bang hehehe

      Hapus
  9. wah-wah enak to jane ki alpokate...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak bagi yang suka Mas, tapi bagi yang tak suka, kaya suami dan anak saya, katanya nggak enak, langu gitu malahan...

      Hapus
  10. Alpukat memang kaya nutrisi, saya juga suka alpukat ..diapakanpun alpukat tetap enak dinikmati :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Pak Har...selain enak, bergizi lagi...siapa sih yang tak mau.

      Hapus
  11. ada pesan gambar buat mbak Khusna di blog saya. silahkan diliat pesennya mbak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak Mas Ks, sudah saya pasang di sebelah...sukses terus buat nakusan.com ya...selamat ulang tahun!!!

      Hapus
  12. buah kesukaan saya juga .... hampir semua buah saya suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Bund...selain nikmat, juga bermanfaat. siapalah yang tak suka kan Bund?

      Hapus
  13. Kalau Cik awi di kasi buah alpukat nya juga gak nolak mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Bang Cik...tuh di atas sudah saya potongkan...silakan dinikmati...hehehe

      Hapus
  14. Siang2 gini, panas, jadi ngiler euy :)

    mana mana manaaaa jus alpukat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. adanya alpukat pulen Ka Tika...nanti diblender sendiri ya...

      apa kabar Ka Tika, semoga sehat selalu ya

      Hapus
  15. Alpukat, salah satu buah kesukaanku, :)
    hmm... yummy banget deh pokoknya, dan alhamdulillah bapakku punya dua pohon alpukat yang produktif di sebelah rumah kami, jadi Alhamdulillah nggak harus beli, buahnya pun besar-besar, dagingnya tebal, dan lebat setiap musimnya, sampai sebagian suka dijual atau berbagi dengan saudara dan tetangga, hehe

    oh iya sukses follow, mba... di #59, follow yah, mba... kl berkenan, salam persahabatan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak banget dong Dee...selain sebagai pohon peneduh, juga bisa mendapat manfaat lebih darinya. tak cuma buahnya lho...bahkan kulit, biji dan daunnya juga bermanfaat untuk jamu herbal...

      makasih Dee, saya siap meluncur ke kediaman Dee

      Hapus
  16. aku juga suka alpukat......,, dulu waktu masih tinggal dikerinci, nenek jg punya pohon alpukat beberapa batang dan puas banget dah kalo udah musimnya...

    sayangnya sekarang udah mulai jarang-jarang pohonnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pohon alpukat yang sudah tua biasanya buahnya berukuran lebih kecil dan jarang Mbak Emi...di dekat rumah saya juga ada, ketika berbunga banyaknya minta ampun, namun gugur dan hanya meninggalkan sekian buah saja, itupun kecil-kecil

      Hapus
  17. waduh yang dibahas alpukat,, diam sajalah, saya gak ngerti soalnya gak suka alpukat

    BalasHapus
  18. wahh sempet troma ni ama biji alpukat hehee

    BalasHapus
  19. ada yg bilang,mengkonsumsi alpukat bisa menaikan gairah sex untuk kaum hawa...
    nah lo....bener gak tu....hihihihie

    BalasHapus
  20. hmmmm......jus alpukat...mauuuuuuuuu

    BalasHapus
  21. kalau begitu say mau sering - sering mengkonsumsi buah alpukat biar kulit saya mulus hehehe

    BalasHapus
  22. kak khusna sama kak uswah kembar gak sih .

    BalasHapus
  23. saya mau.. suka banget ini kalo di jus, atau di campur sama ice cream, es dung dung .
    di halaman tengah rumahku dulu ada pohon alpukat, tinggi dan besar. kalo ada temenku yang main kerumah suka malakin alpukatnya XD .

    BalasHapus
  24. ganti kulit blognya?! *kucek-kucek mata* .

    BalasHapus
  25. suami saya sangat suka buah alpukat apalagi di jus dan dia paling suka sirsak karena di negara dia alpukat jarang,mahal,dari negara lain kalo sirsak emang ga ada.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya