Ikan Bakar A La Saya

Ikan Bakar A La Saya


Satu makanan favorit ayahnya yaitu ikan bakar. Namun beli ikan bakar kadang rasanya kurang pas.
Halah, ngaku aja kurang pas di kantong.
Iya, itu maksudnya. Selain harganya mahal, memang sudah khasnya kali, makanan di sini serba pedes. Bukan pedes tepatnya, namun pueeedesss. Dari pada bikin mules perut, jadi ya lebih manteb kalau bikin sendiri. Bisa disesuaikan tingkat kepedasannya, mau level berapa, tinggal nambah atau mengurangi cabai. Tingkat kemanisan dan keasinan juga disesuaikan dengan lidah kita.
Pintarnya ngeles si ibu ini.

Nah, kali ini saya akan berbagi resep ikan bakar a la saya. Entah dari mana sumber otentiknya. Berasal dari trial and error, jadilah ikan bakar mak nyooosss a la saya. Berikut resepnya. Dijamin lezat, nikmat dan nagihi. Oh iya, tak pakai micin dan zat aditif berbahaya lho...inshaa Alloh sehat.

Bahan:
Ikan gembung atau nila, sesuka hati, mau gurami juga nggak papa 3 ekor ukuran sedang
Madu, setengah cangkir kecil.

Bumbu:
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 5 siung
Kunyit 1 cm
Jahe 2 cm
Lengkuas 1 cm
Sereh 1 batang
Cabai merah 5 buah
Kemiri 2 butir, sangrai
Garam secukupnya, sesuai selera

Cara membuatnya:
 Cuci bersih ikan, keluarkan isi perutnya kemudian gurat-gurat bagian sisinya. Tak usah banyak-banyak, dua atau tiga gurat saja biar bumbu meresap. Bila terlalu banyak guratannya, ikan akan hancur saat dipanggang.

Siapkan bumbu. Caranya, kupas aneka bawang dan rimpang-rimpangan sampai bersih, kemudian cuci. Masukkan ke blender semua bumbu, sereh tak terkecuali. Pokoknya tau byuk aja semua dalam blender. Oh iya, untuk serehnya lebih baik dipotong-potong agak kecil untuk mempermudah pemblenderan. Tuang sedikit air agar tidak macet-macet saat diblender. Setelah siap, blender bumbu sampai halus. Keluarkan bumbu yang sudah halus tersebut, sisihkan.

Siapkan wajan dengan 5 sendok minyak goreng. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan garam secukupnya. Setelah benar-benar teraduk rata, matikan kompor. Tunggu hingga agak dingin. Setelah dikira tak begitu panas, olesi ikan-ikan yang sudah digurat-gurat sisinya. Pasang ikan di penjepit atau pembakar ikan. Panggang di atas bara api.

Sembari menunggu salah satu sisi ikan setengah matang, siapkan madu di mangkok kecil. Balik ikan. Olesi bagian sisi ikan yang sudah setengah matang tadi dengan madu. Lakukan pula dengan sisi sebaliknya. Kembali panggang hingga kecoklatan dan mengeluarkan aroma semerbak khas ikan bakar. Angkat, sajikan.

Pelengkap ikan bakar paling cocok adalah sambal kecap, yaitu bawang merah iris, cabai rawit iris, kemudian dituangi kecap manis.

Nah, dijamin Anda sekalian bakalan ngiler nggak karuan selama belum mempraktekkan resep saya ini sendiri.







Catatan: saya lebih suka memanggang di atas bara arang atau batok kelapa. Kalau dibakar memakai oven atau loyang pemanngang rasanya kurang mantab, aromanya juga kurang nendang. Jadi bagi yang ingin menikmati ikan bakar a la saya harus sabar nungguin anglo untuk bikin bara ya...


Posting Lebih Baru Posting Lama

60 Responses to “Ikan Bakar A La Saya”

  1. Selamat siang Mbak Khusna wah pas tau aja Mbak ini panas yang diiringi
    Angin yang sejuk sambil Makan ikan Bakar. saya pesen 2 Porsi Mbak
    Yang agak Pedes biar wahhh terima kasih atas menu dan artikelnya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam bakar ala Chef khusna ni ceritanya. .:)
      kayaknya gak kalah dengan chef yang lain. .

      Hapus
  2. Asyik dapat Ikan dapet juga Petromax nya hhh
    Haduh Mbak Khusna Gak Kuat lihat ikan yang di gambar itu
    Membuat hati tergoda bisa di bayangkan Ikan Bakar Ala Mbak Khusna :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan boyong petromaxnya Mas...lumayan pas mati lampu

      Hapus
  3. kalau saya biasanya pake ikan jeruk mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan jeruk ? ikan bunder donk ? heee

      Hapus
    2. saya juga nggak tahu nama lain dari ikan jeruk :D
      tampilannya mirip ikan kakak tua

      Hapus
    3. ikan jeruk tuh yang berwarna merah itu ya Kang? di sini biasa disebut ikan merah...iya, saya juga suka, dagingnya manis

      Hapus
  4. saya belum pernah bikin ikan bakar sendiri mbak,,ga punya alatny..#ngeles
    tapi saya simpan ini resepnya,siapa tahu nanti pas sudah punya panggangan bisa bikin ikan/ayam bakar sendiri.
    kalo disini,ikan malah murah e mbak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau pesan alatnya kesaya aja mbak... #promosi

      Hapus
    2. kalau sudah punya panggangan coba juga puyuh bakar mbak, ntar pesen puyuhnya sama saya :hehe

      Hapus
    3. tentu dong Mbak Yuli, hayo praktekin, asli gamping dan enak kok, sumpah.

      Nah loh, Mamang sama Kang Ucup malah buka lapak di sini, nanti bayar sewanya ya..

      Hapus
  5. saya juga suka mbakar ikan mbak, dari pada di goreng saya lebih suka bakar ikan, dari pada bakar ban bekas baunya gak enak kan ?
    ikan apa saja saya suka, baik ikan air tawar atau ikan air laut, tapi lebih mantapnya itu bakar ikan laut.
    dulu kalau ada acara bakar-bakar gitu saya yang tukan mbumboni dan tukang bakar juga.
    baiklah saya akan coba mbakar ikan resepnya mbak khusna, kalau saya malah tidak mbondo mbak, pakai kulitnya pohon mahoni, bara apinyasatu tingkat diatas batok kelapa. hehehe
    hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakar ban tah kesuakaany para demowan dan demowati.
      ikan bandeng matep tuh kalo dibakarrrrrrrrrr... segerrrrrrrrrr

      Hapus
    2. hahahahahahaha , di jus rasany gmn tuh ?

      Hapus
    3. wah, pak Agus hebat banget, enak dong Mbak Nia nggak perlu repot di dapur, kalau pengen ikan bakar tinggal panggil papanya Hayyu...

      btw, kulit kayu mahoni itu lebih panas atau lebih tahan baranya Pak? kalau batok kelapa arangnya nggak tahan lama, jadi hanya bisa dipakai 1 sesi bakar, nggak bisa untuk 2 kali...nggak mateng

      Mas Fiu kok heran sih, kan di KPK malah ada jus lele segala...hayoh bingung toh, silakan tanya Pak Rawins

      Hapus
    4. haduh.... ada jus mujaerrrr gak mba ? heee

      Hapus
  6. Haduhhh, emak-emak ini ya paling bisa bikin org ngeces... sdh dua blog yg bahas makanan kesukaan saya.

    Tp kl ikan bakar saya milih gampangnya aja, mbak. Lah wong di depan rumah ada yg jualan je. Rasa dan pedesnya pun PAS (termasuk juga pas di kantong).

    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya jadi Pak Pri, bakalan sedih...lha tiap hari disuguhi aroma semerbak ikan bakar...padahal nggak setiap hari makan ikan bakar...kan perlu juga makan yang lainnya, mosok ikan terus...

      Hapus
  7. hmmmm..... uenakk banget nih, jadi ngiler dan laparrrrr
    makasih ya, mbak.... bagi2 resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngilernya jngan lama-lama ntr basah semua loh hehehehe #pisssss

      Hapus
    2. bukan pipis mas yono, tpi ngiler ntu Mb hariyanti ,,,,hehe

      Hapus
    3. silakan Bund, saya yakin Bunda juga sudah sering bakar ikan yang resepnya hampir-hampir kayak gini...lha awalnya saya makan ikan bakar di rumah makan padang, kok enak banget, namun agak pedes...trus coba-coba di rumah...ya jadinya kayak gini...walau nggak mirip, tapi lumayan.

      Mamang sama Mas Fiu jangan berebut ember ya...tuh kalau mau ngiler sudah saya siapin embernya masing2

      Hapus
    4. kalo ikan bakar ala masakan Padang bumbunya sudah sama, hanya ditambahkan santan kental pada bumbu tsb, jadi rasanya semakin nendang ....hehehe

      Hapus
    5. hahahahaha, ember terlalu gede mba, pake bak mandi aja sekalian....

      Hapus
  8. Ngomongin ikan bakar cik awi mendadak jadi lapar nih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah, langsung bawa pulang aja Bang...hehe

      Hapus
  9. buat pelengkap ikan bakar selain pke kecap enak juga kalo pake sambal dabu-dabu mb'e ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake minyak goreng lebih enak lagi. ehh..

      Hapus
    2. yang enak gak pakai lama ... xixixi

      Hapus
    3. hehehehe, bner banget kata mas yono .....

      Hapus
    4. wah sambal dabu-dabu seger banget tuh, saya sudah beberapa kali bikin...dan suami saya suka.

      Biasa, Pak Zach kan peduli lingkungan, jadi daripada dibuang sayang, jlantahnya dibikin sambel...(eh, apa gitu ya?)

      Hapus
  10. jadi besok kalo kita2 pada kesana, ini suguhannya ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ikannya bawa masing masing mas, disana numpang bakar ikannya doang hehehe

      Hapus
    2. boleh boleh Pak...nanti saya bikinkan.

      Mamang yang bantuin ngipasi ya...sama jaga arang

      Hapus
  11. bukan pake minyak gorengny ow ...hehee

    BalasHapus
  12. hari ini memang ruarbiasa berkunjung ke blog disuguhin makanan ikan terus, nasinya mana Mbak KK, kalau saya paling suka ikan bakar yang sudah dipiring heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenyang ya Mang.

      saya yang bikin ikan bakarnya, ntar Mamang yang urun ayam bakar...adil kan?

      Hapus
  13. pasti dah abis deh sekarang ikannya... hiks..
    telat terus datengnya euy.. :(

    pan kapan pinjem resepnya ya mbak nis.. hehehe..itu juga kalo pas rajin, karena biasanya aku males masaakkk... doyan makannya doang :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kok Mbak, spesial buat panjenengan.

      iya deh Mbak, nanti kalau sudah jadi, kabari saya ya...selamat mencoba!!

      Hapus
  14. Balasan
    1. makasih Mbak Nia,, hayo ngaku, pasti Pak Agus yang lebih rajin masak ikan bakar..hiya toooh? hehe

      Hapus
    2. ah itu masa lalu sebelum nikah mbak ... skrng kbnyakan beli tuh

      Hapus
  15. jilat hape mb khus,,,,
    hehehehehe,,,, mw juga dunk,,,,,
    kelamaan ni kalo mw bakar sendiri
    g ada arang

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Mbak Maya..rasanya kayak apa? kayak debu nggak? eh di Taiwan nggak ada debu kok ya..

      Hapus
  16. Saya lihat gambar ikan bakar itu jadi pingin makan ikan seperti itu mbak, hehehe :)
    Makasih telah mengimin-ngimin saya, hmmm ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo Mbak Indri...sengaja kok Mbak, biar panjenengan ngences sepuasnya..hehe

      Hapus
  17. asli mau saya praktekin, hobi neh klo bakar2..
    hehhhh bikin ngiler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Pak Wong, mumpung di semeru, nanti nangkep ikan di ranu kumbolo terus dibakar rame-rame...

      Hapus
  18. waduh ini sih salah masuk...
    gambarnya bikin mumet selera... :D

    BalasHapus
  19. Ikan bakar paling enak di makan kalau masih panas ya Mba, apalagi kalau pakai jeruk nipis dan sambal kecap, dengan nasi yang panas. Hm,,,,
    Jadi laper nih Mba.


    Salam,

    BalasHapus
  20. mantap tuch ikan bakarnya. .
    sepertinya nikmat banget. .:)

    BalasHapus
  21. enak nih kayaknya ;) hehee pengen dong

    BalasHapus
  22. waw mantabh mbak...
    palagi kalo ikannya kerapu... :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya