Bediding



Saat banyak daerah di Nusantara dilanda musibah banjir, longsor, puting beliung dan hujan badai yang tak henti-henti, justru kawasan Pelalawan, Riau sudah hampir 10 hari ini tidak turun hujan. Bahkan sejak kemarin kabut asap sudah menyelimuti kawasan Pangkalan Kerinci. Menurut berita di televisi, di Riau dan sekitarnya sudah terdapat 60 titik api. Naudzubillah.

Sepertinya pergantian musim di negara kita tidak kompak. Buktinya di tempat tinggal kami cuaca di siang hari begitu terik menyengat, sedangkan menjelang malam berubah jadi dingin akut. Hawa atis dan dingin menusuk tulang sudah beberapa hari ini kami rasakan. Bediding. Embah saya dulu selalu ngendiko begitu untuk menyebut usainya musim hujan memasuki musim kemarau. Apakah perbedaan musim ini pengaruh polar vortex yang akhir-akhir ini melanda sebagian belahan dunia ya?

Tapi kalau mengingat pelajaran IPA waktu SD, musim kemarau di Indonesia seharusnya berlangsung bulan April sampai Oktober, masih agak lama mengingat bediding di sini sudah mulai sejak akhir Januari kemarin. Apakah kemarau kali ini datang tiga bulan lebih cepat? Entahlah. Satu yang perlu diingat bahwa perubahan cuaca ekstrim sering membuat badan kita kesulitan menyesuaikan diri dan berakhir dengan penurunan daya tahan tubuh kemudian diikuti sakit. 

Untuk menjaga agar badan tetap fit dan bugar di musim pancaroba atau bediding dianjurkan agar menjalani pola hidup sehat. Yang gimana sih? Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari junk food, zat-zat aditif pada makanan misal pewarna buatan, MSG, pengawet dan lain-lain, olah raga teratur, istirahat cukup, hati tenteram adem ayem, serta yang paling utama adalah memohon kepada Alloh agar senantiasa kita dikaruniai kesehatan yang prima.



begini nih kalau lagi bediding,  lebih sering pakai sweater



pukul 17.00 kemarin sore, matahari tertutup asap

Posting Lebih Baru Posting Lama

45 Responses to “Bediding”

  1. di tempat saya sellau hujan mbak ehehe mungkin emang bener ya tidak ada kekompakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa Mas, yang penting kita kompak...hehe

      semoga ndak terjadi banjir dan semua aman terkendali

      Hapus
  2. Artikel yang berkesan membangkitkan masa lalu di kampung nan jauh...

    BalasHapus
  3. Nyemil oreo tuh foto nya gan hehe

    BalasHapus
  4. betul, kalau pergantian cuaca memang harus pintar2 jaga kesehatan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentunya Mbak, terutama anak-anak---makasih banyak atas kujungannya

      Hapus
  5. Wah Kabut Asap memang sedang ngetop dimana mana mba. Di Pontianak juga sudah mulai dimasuki asap yang diduga keras berasal dari Kebakaran Lahan dan pembakaran Hutan (Land clearing). Masih ditambah bonus lagi yakni ancaman penyakit saluran pernapasan( (ISPA) dan air PDAM yang macet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap sudah penderitaannya ya Pak. Padahal di musim kabut kayak gini, air penting banget bagi kami...yaaitu untuk membasahi kain-kain yang kami pasang di lubang ventilasi rumah, supaya debu asap menempel ke kain dan tidak masuk rumah

      Hapus
  6. Saya sempat di tanjung balai karimun kepri, hal sama juga penah saya alami, dimana di pulau jawa musim penghujan disana malah panas, cuaca berbeda disana. Btw memang pada saat musim perubahan begina harus selalu jaga kondidi badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sudah merasakan nasip yang sama ya Mas. inilah uniknya cuaca di negara kita, beragam banget. lah sekarang di mana Mas?

      Hapus
  7. Mbediding adem nrecep nrecep biasanya diikuti masa obahe oyot pertanda air mulau disimpan di seputar akar. Namun sekarang yang namnaya musim nggak bisa diperhitungkan, apalagi mbediding yang waktunya sangat singkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Pak Ies, pertanda masuk musim ketigo ya?

      alam sudah mulai nggak seimbang kayaknya Pak, akhirnya dampaknya ke manusia juga

      Hapus
  8. baru thu sy dengan bahasa bediding mba ....hehehe

    Allahumma 'afina fi badana, wa 'afina fi bashorina, wa 'afina fi sam'ana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bediding tuh bahasa jawa Mas Fiu, jaman simbah saya bahasa itu sering dipakai, entah kalau sekarang kayaknya jarang dengar

      aamiin, semoga kesehatan juga tercurah untuk Anda sekeluarga

      Hapus
  9. Ternyata gak kompak yah Mbak Khusna musim trofis
    Di Indonesia ini, saling mendahului kaya bis malam, hhh
    Bediding itu artinya apa tuh Mbak? baru denger hhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu lho Mas, masa pergantian musin hujan ke musim kemarau

      Hapus
  10. lama gak mampir disini...
    sama mba,dimalesia juga gitu,siang terik maleh dingin pol.
    akibat pancaroba ini demam melanda,termasuk saya yg dalam pelarian....hihihihie

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lekas sehat Mas Reo...bayak konsumsi sayur dan buah sangat baik di musim kayak gini Mas...

      Hapus
  11. Alhamdulillah, kotaku dihampiri banjir sampai 3 part...
    klo cuaca kacau kayak gini, daya tahan tubuh gampang melemah. minum n makan yang anget2 bisa jadi pilihan. mie rebus..mana mie rebus....hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaaa Mbak Cii..mie rebus dengan sambel yang pedes banget...ahaiiii, bikin peruta saya kruyuk kruyuk je Mbak...

      Hapus
  12. iya di daerah saya selalu turun hujan tiap hari kak, kok bisa ya di riau nggak turun hujan. semoga aja segera turun hujan ya karena dengan turun hujan, bisa membuat adem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenterem Mbak, Pak...soalnya lagi kabut asap nih, hujan merupakan satu-satunya kabar baik kala musim asap...api jadi padam, partikel asap juga hilang

      Hapus
  13. Variasi hujan ya Jeng, daerah kami masih diguyur hujan.
    Bediding dan titik api selalu jadi kesatuan di musim kemarau ya Jeng, suasana dingin kering bikin meriang.
    Siip Zaki pakai sweater untuk jaga stamina. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bund betul banget badan jadi gampang meriang, harus mengkonsumsi gizi yang baik

      Hapus
  14. bediding.., suwe ra krungu ukoro kuwi.. :)

    tapi kalo disini hujan masih stabil je...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata-kata kuno ya Mas...

      semoga tidak terjadi banjir dan keadaan aman

      Hapus
  15. istilah bediding saya malah baru tahu 3 tahun terakhir ketika saya kos di surabaya, kalau di tempat asal sih namanya katuken, katisen, kademen. hehehe
    bediding itu malah takut ketinggian je mbak.
    Kalau musim sudah sulit di hitung dengan hitungan ilmu pasti, berarti ada kerusakan ekosistem, kayak pelajaran ipa sih gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia raya banget kan Pak, beda daerah, beda istilah.
      kalau takut ketinggian biasanya kami sebut "kranjingan" je pak Agus, kaya main game on len aja ya???

      susah dihitung pakai ilmu pasti, entah njaluke apa Pak,,,hitung pakai ilmu awangan wae ya.

      Hapus
  16. bediding?? saya kok baru tau istilah itu.. :)

    bener juga, cuaca yang nggak stabil bisa bikin daya tahan tubuh melemah dan akhirnya banyak orang yang sakit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bediding itu istilah bahasa jawa untuk menyebut pergantian dari musim hujan ke musim kemarau. mungkin di daerah lain beda istilah.

      Hapus
  17. cuaca memang skrg nggak bisa selalu ditebak ya

    tipsnya oke nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak El...manusia bisanya hanya meramal :)

      Hapus
  18. ternyata cuaca di sana jarang di guyur hujan ya mbak....berbeda di tempat saya yang harus rela setiap harinya berbecek ria hehehe...

    btw putra mbak khusnah udah besar juga ya mbak...moga sekeluarga selalu di berikan kesehatan...
    amin :)

    BalasHapus
  19. bediding ngono to...sama ditempatku brarti, bikin badan mudah ngedrop..mesti menjaga asupan makan supaya daya tahan tubuh kuat

    indah pic nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gitu sering sering makan tomat , katanya anti oksidan

      Hapus
  20. Akhirnya.... aku bisa juga sampai kerumahnya mba Husna. Wong biasanya cuma lihat komen2nya aja. Aku salam silaturahim dulu ya mba :)

    BalasHapus
  21. bediding itu apa mbak??
    artinya kedinginan ta??
    hehhee

    BalasHapus
  22. Di tempat saya beberapa hari belakangan terik terus. Tapi Alhamdulillah malamnya juga tidak terlalu dingin.

    BalasHapus
  23. selamat pagi mbak , ,baru bisa mampir . .

    izin nyimak saja ya mbak , ,

    BalasHapus
  24. Musim sekarang memang sudah nakal, sudah gak manut dengan teori, juga gak kompak antar daerah, kalau sudah bediding nanti ganti bedodong ya mbak Khusna .. hehehe

    BalasHapus
  25. bukannya bediding itu kalo lagi kemarau??

    BalasHapus
  26. Musimnya lagi tidak menentu ya Mba, jadi harus pintar-pintar jaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang baik.

    Salam

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Follower

About Me

Foto saya

Crafter ala ala yang sok istimewa dan sok bisa segalanya